Aliansi Mahasiswa Faperta UNCP Gelar Aksi Demonstrasi, Tuntut Perbaikan Kebijakan Kampus

Banner

PALOPO, SPIRITKITA – Aliansi Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) kembali menggelar aksi demonstrasi.  Pada Hari Rabu 12 Juni 2024

Aksi ini merupakan bentuk protes atas keresahan mahasiswa terhadap beberapa isu tuntutan yang tidak diakomodir oleh pihak kampus.

Gerakan tersebut dipicu oleh kekecewaan mendalam mahasiswa terhadap kebijakan kampus yang dianggap mengekang dan merugikan mahasiswa. 

Mahasiswa merasa tidak diperhitungkan dalam pengambilan keputusan kampus, yang seharusnya mencerminkan aspirasi mereka.

“Kami berharap setiap keputusan kampus mengakomodir seluruh kepentingan mahasiswa. Namun, kenyataannya, keputusan yang diambil justru berbanding terbalik dengan harapan kami,” Kata Gilang Ramadhan selaku jendral lapangan.

Dalam audiensi yang dilakukan dengan Dekan Fakultas Pertanian dan pimpinan kampus lainnya, mahasiswa merasa tidak mendapatkan jawaban memuaskan atas masalah yang dihadapi. 

Mereka menilai Dekan Fakultas Pertanian gagal merepresentasikan keluhan mahasiswa, sering kali memberikan alasan yang dianggap tidak logis. 

Hal ini memicu penarikan massa keluar dari ruangan dan melanjutkan aksi sebagai bentuk mosi tidak percaya terhadap pimpinan kampus.

“Universitas seharusnya mengamalkan nilai-nilai yang tertuang dalam UUD 1945, terutama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memanusiakan manusia. Namun, praktik komersialisasi pendidikan masih berlangsung dengan kepentingan modal dan akumulasi kapital,” tambahnya.

Isu sentral yang diusung dalam demonstrasi ini adalah penolakan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Mahasiswa menilai kenaikan UKT sangat meresahkan mereka dan orang tua. Di sisi lain, pendapatan kampus meningkat signifikan sementara belanja kampus untuk fasilitas dan dana kelembagaan menurun.

Selain itu, mahasiswa juga menuntut evaluasi kinerja dosen, pemaksimalan fasilitas kampus, kelonggaran dalam aktivitas kelembagaan UKK/UKM, serta kejelasan dana kelembagaan. Dalam pertemuan dengan birokrasi kampus, belum ada hasil yang memuaskan bagi massa aksi.

Pihak kampus Universitas Cokroaminoto Palopo belum memberikan tanggapan resmi terkait demonstrasi ini. Mahasiswa berharap aspirasi mereka segera diakomodir demi perbaikan kualitas pendidikan di kampus.

Banner
Admin
Redaksi
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Reporter
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *