Anggaran Pilkada Serentak 2020 Tuntas 15 Juli, Pemda Diminta Penuhi Jadwal

Anggaran Pilkada Serentak 2020 Tuntas 15 Juli, Pemda Diminta Penuhi Jadwal

Pemerintah Daerah yang akan menggelar Pilkada Serentak pada Desember mendatang masih sebahagian kecil yang telah mencairkan atau mentransfer 100 persen dana hibah untuk penyelenggaraan hajatan Politik lima tahunan tersebut.

Kementerian Dalam Negeri mencatat setidaknya baru 10 daerah penyelenggara Pilkada telah mencairkan anggaran pemilihan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sementara itu, 16 daerah lainnya telah mentransfer 100 persen kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Kemendagri mengapresiasi kepada Pemda yang sudah mentransfer 100 persen dana hibah Pilkada,” kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri yang juga Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar, Rabu (1/7/2020).

  • Nama Peserta Lelang Jabatan Terbaik Diserahkan ke KASN
    Nama Peserta Lelang Jabatan Terbaik Diserahkan ke KASN Pelaksanaan seleksi terbuka atau lelang jabatan pimpinan tinggi pratama tingkat eselon IIb, kini memasuki tahapan berikutnya. Para peserta dikabarkan telah memaparkan makalah mereka di hadapan panitia seleksi (Pansel). Bahkan disebutkan, tiga Nama Peserta Lelang Jabatan terbaik yang akan…
  • Akses Penghubung Lima Desa di Masamba Segera Dibangun
    Akses Penghubung Lima Desa di Masamba Segera Dibangun Komponen jembatan Bailey untuk pembangunan Jembatan Balebo di Desa Baloli yang menghubungkan lima desa di kecamatan Masamba telah tiba Rabu 5 Agustus 2020 kemarin. Seperti diketahui, jembatan Balebo sebelumnya terputus akibat terjangan banjir bandang pada 13 Juli 2020…
  • Lahan Parkiran DPRD jadi Base Camp Pengungsi Banjir
    Lahan Parkiran DPRD Disulap jadi Base Camp Pengungsi Lahan Parkiran Mobil di Kantor DPRD Lutra di Jadikan base camp sementara untuk para pengungsi banjir bandang. Ini seiring bertambahnya pengungsi dari Dusun Pontaden, Lombok dan Ingkor Kelurahan Bone Tua Kecamatan Masamba. Sebagai salah satu titik pengungsian, Lahan…
  • Daerah Sasaran Banjir Minta Dikosongkan, Gubernur: Revitalisasi Sungai Mendesak
    Daerah Sasaran Banjir Minta Dikosongkan, Gubernur: Revitalisasi Sungai Mendesak Revitalisasi Sungai sangat dibutuhkan segera. Penegasan itu diungkapkan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah pasca banjir yang kembali melanda Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara. Hujan deras pada , Selasa, 4 Agustus 2020 mengakibatkan kenaikan air…
  • TPAKD Luwu Fasilitasi Rencana Pelaksanaan Program Asuransi Petani dan Nelayan
    TPKAD Luwu Fasilitasi Rencana Pelaksanaan Program Asuransi Petani dan Nelayan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Luwu menggelar rapat koordinasi (Rakor) di ruang pertemuan kantor Bappelitbangda, Rabu (5/8/2020). Rakor ini dalam rangka pelaksanaan program Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTSK), Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan…

Menurutnya, mekanisme penganggaran Pilkada dari Pemda untuk penyelenggara pemilu dilakukan lewat Naskah Perjanjian Hibah Daerah atau NPHD.

Pemerintah meminta seluruh daerah penyelenggara pemilihan sudah mentransfer seluruhnya anggaran sesuai NPHD paling lambat hingga 15 Juli 2020.

Sebelumnya, Kemendagri juga telah meminta anggaran Pilkada dicairkan sejak 15 Juni. Namun hingga kini baru sebagian daerah yang telah mencairkan dana tersebut.

KPU dalam beberapa kesempatan mengatakan anggaran Pilkada termasuk dana tambahan akan diperuntukan bagi pembelian alat pelindung diri dan operasional pemberlakukan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menginstruksikan kepada pemerintah daerah penyelenggara Pilkada segera mencairkan sisa anggaran sekitar Rp9,1 triliun.

Dia mengatakan dari Rp15 triliun total Anggaran Pilkada Serentak 2020 yang digelontorkan ke 270 daerah, dana yang dikucurkan baru sekitar Rp5 triliun ke penyelenggara pemilihan termasuk KPU dan Bawaslu.

“Kami sampaikan ke Pemda untuk sesegera mungkin cairkan anggaran Rp9,1 triliun lagi,” katanya melalui webinar, beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU Arief Budiman meminta pemerintah segera mencairkan anggaran tambahan pelaksanaan Pilkada 2020. Dia mengatakan anggaran tersebut sedianya untuk membeli perlengkapan alat pelindung diri bagi penyelenggara pemilihan.

“KPU hari ini sedang proses untuk menerima transfer anggaran atau tercatatnya anggaran dalam DIPA [daftar isian pelaksanaan anggaran] KPU kabupaten kota. Terima kasih kepada bapak Mendagri telah memberikan dukungan,” katanya.(red)

Read Previous

Pemprov Sulsel Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Bermotor, Segera ki Bayar

Read Next

Laju Inflasi Sulsel Bulan Juni Melandai, Hanya Naik 0,1 Poin Dibanding Bulan Mei

ADS AUTO

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *