Angin Puting Beliung Rusak 60 Rumah di Luwu Utara, Bupati Indah Putri Indriani Salurkan Bantuan dan Ajak Warga Waspada

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menyerahkan bantuan bagi warga terdampak putinh beliung.
Banner

LUTRA,SPIRITKITA — Sebanyak 60 rumah di tiga desa di Kecamatan Sabbang, Luwu Utara, mengalami kerusakan akibat terjangan angin puting beliung. Assessment sementara dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Luwu Utara menunjukkan bahwa 4 rumah membutuhkan intervensi lebih lanjut karena mengalami kerusakan cukup berat.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, telah mengunjungi salah satu rumah korban di Desa Sassa sebelumnya dan pada Senin, 11 Desember 2023, beliau kembali mengunjungi rumah korban di Desa Sabbang. Selama kunjungan tersebut, Bupati menyerahkan bantuan sementara dari PMI.

“Bantuan ini sementara dari Palang Merah, karena dari Pemda akan menunggu assessment secara keseluruhan. Kalau rumah dengan kategori rusak berat, nanti akan dibantu dengan bahan ramuan rumah. Semoga bisa cepat, begitu semua datanya masuk, saya akan langsung tandatangan,” ucap Indah, didampingi oleh Kepala Markas PMI, Andi Thiar.

Ketua PMI Luwu Utara menyoroti potensi bencana selama musim penghujan, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung. Indah mengimbau pemangku kepentingan di desa dan kelurahan untuk terus mengingatkan warga agar lebih waspada.

“Cuaca sudah mulai masuk musim penghujan, kita berharap warga dapat terus di ingatkan. Perlunya juga kerja bakti dari desa, kelurahan, serta teman-teman TNI dan Polri, terutama pada pembersihan drainase. Itu harus kita pastikan mengalir. Saya titip, mohon semuanya hati-hati dan tetap waspada,” pinta Bupati, yang juga merupakan perempuan pertama yang menjabat di Sulawesi Selatan.

Indah juga menekankan pentingnya bagi Camat Sabbang untuk membagikan kembali kontak darurat kepada warga. Hal ini melibatkan contact person dari BMKG, Bazarnas, BPBD, PRC Dinas Kesehatan, Puskesmas, Kantor Camat, Kantor Desa, serta kontak Polsek dan Koramil.

“Saat ada kejadian, warga kita harus tahu harus menelpon kemana. Supaya cepat, jadi tidak terlalu lama menunggu. Walaupun sekarang ada media sosial, tapi kan tidak semua dari kita melihatnya pada waktu yang bersamaan. Jadi, kalau lapor kepada pejabat terdekat, pasti akan lebih cepat,” pinta Bupati yang juga merupakan istri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi.

Bupati Indah menyampaikan rasa syukur karena tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Ia mengucapkan terima kasih kepada warga yang saling membantu. Terkait empat rumah terdampak yang memerlukan bantuan lebih lanjut, bahan ramuan rumahnya akan di sesuaikan dengan hasil assessment.

“Sekali lagi, tetap waspada, bapak-ibu sekalian,” pesan Indah Putri Indriani kepada warga.(*)

Banner
Avatar
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *