Bansos Mulai Awal Tahun 2021, Meliputi BST dan BPNT

 Bansos Mulai Awal Tahun 2021, Meliputi BST dan BPNT

Ilustrasi


Bansos Mulai Awal Tahun 2021, Meliputi BST dan BPNT

Sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi, Kementerian Sosial (Kemensos) dibawah komando Menteri barunya, Tri Rismaharini akan menyalurkan bantuan sosial di Bulan Januari 2021.

“Sesuai arahan Presiden, kami akan segera menyalurkan bantuan sosial Bansos Mulai Awal Tahun 2021,” kata Mensos Tri Rismaharini.

Mensos Tri Rismaharini akan Hapus BLT

Adapun Bansos yang akan disalurkan tersebut meliputi bantuan sosial tunai (BST). BST ini untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan besaran Rp200 ribu per bulan.


Kemudian Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT). Selanjutnya ada program keluarga harapan (PKH) bagi 10 juta KPM juga menjadi sektor yang akan dipercepat realisasinya di awal 2021.

Untuk alokasi BPNT atau program kartu sembako ini, alokasinya untuk 18,8 juta KPM yang setiap bulannya mendapat Rp200 ribu.

Pada 2021 juga, pemerintah fokus pada empat sektor, yakni kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan perlindungan sosial.

Bahkan, ujar Mensos, perlindungan sosial tetap menjadi prioritas dalam APBN 2021 dengan anggaran Rp408,8 triliun.

Kemensos juga akan memastikan bantuan tersebut betul-betul tepat sasaran. Artinya, uang yang diberikan itu hanya digunakan untuk kepentingan yang penting-penting saja.

Sebab, disebutkan, salah satu kelemahan dari BST ialah pemerintah tidak bisa mengontrol penggunaan bantuan setelah diberikan. Dikhawatirkan uang itu digunakan untuk membeli rokok dan sebagainya.

Kemensos sampai saat ini masih memikirkan cara atau langkah yang tepat. Bagaimana agar bansos tersebut digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan pokok.(red)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Notifikasi Berita Terbaru Dari Kami ?    OK Tidak