Bapenda Luwu Gelar Bimtek Kalkulasi Tarif Pajak serta Retribusi Wilayah

 Bapenda Luwu Gelar Bimtek Kalkulasi Tarif  Pajak serta Retribusi Wilayah

LUWU,SPIRITKITA — Pemerintah Kabupaten Luwu lewat Tubuh Penghasilan Wilayah mengadakan publikasi dan tuntunan tekhnis kalkulasi biaya pajak serta retribusi wilayah di Aula Dinas Perumahan dan Teritori Pemukiman, Belopa, Minggu (20/11/2022).

Kegiatan ini adalah tindak lanjut atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 terkait pertalian keuangan di antara pemerintahan pusat serta pemda yang menyaratkan pemda untuk selekasnya membuat ketentuan wilayah perihal pajak dan retribusi wilayah.

Hal itu di ungkapkan Kepala Tubuh Penghasilan Wilayah Kabupaten Luwu, Andi Palanggi saat sampaikan laporan realisasi kesibukan itu. Dia juga mengatakan arah kesibukan itu untuk ketahui dan memastikan type pajak serta retribusi wilayah yang bakal di tentukan dalam ketetapan wilayah.

” untuk tingkatkan kapabilitas peserta dalam mengalkulasi dan memastikan harga pajak dan retribusi wilayah yang sama sesuai Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022,” ujar Andi Palanggi.



Sementara itu, Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd dalam sambutannya menerangkan pajak wilayah serta retribusi wilayah sangatlah miliki potensi menambah penerimaan asli wilayah bila instrumen pemerintahan dan orang bisa bekerja bersama dalam tingkatkan kesadaran untuk bayar pajak dan retribusi wilayah.

“Penambahan penghasilan itu selalu harus di sertai dengan pemberian data obyek dan subyek pajak yang riel sesuai sama situasi sesungguhnya,” terang Basmin.

Basmin pula memperbanyak kalau maksud pemerintah merupakan menyejahterakan kehidupan rakyat, maka apa saja wujud aturan yang di lahirkan harus di laksanakan secara perundingan mufakat supaya bisa di pertanggungjawabkan ke warga.

Sosialisasi serta bimtek itu mendatangkan Diagnosis Keuangan Pusat serta Wilayah Direktorat Pemasukan Wilayah, Ditjen Bina Keuangan Wilayah Kemendagri, Ni Putu Myari Artha, S.STP., M.Sang dan ikut ada Ketua DPRD Kab. Luwu, Rusli Sunali, S.Pd dan kepala OPD area Pemerintahan Kabupaten Luwu.(Red)