Barista Camp di Toraja: Meriahkan Toraja Coffee Festival 2023

TORAJA,SPIRITKITA — Sebanyak 85 orang barista dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul dalam acara Barista Camp yang di adakan di Tongkonan Se’pon, Lembang Suloara’, Kecamatan Sesean Suloara’, Toraja Utara, pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Dalam kegiatan yang di hadiri oleh barista dari daerah-daerah seperti Manado, Mamuju, Makassar, Bone-Bone, Belopa, Palopo, Enrekang, Bantaeng, Pare-Pare, Maros, Gowa, dan Polewali Mandar ini, Toraja menjadi tuan rumah. Barista Camp ini merupakan bagian dari rangkaian acara “Toraja Coffee Festival 2023” yang mengusung tema “Make Toraja Coffee Great Again.”

Wakil Bupati Frederik Victor Palombong, yang hadir dalam acara ini bersama dengan Camat Sesean Suloara’ Matius Tandibongga dan Ketua MASATA Toraja Utara Damayanti Batti’, menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini dapat menginspirasi petani dan memperluas pengetahuan mereka tentang industri kopi di Indonesia.

Frederik juga berterima kasih kepada Gubernur Sulawesi Selatan, Bapak Andi Sudirman Sulaiman, yang telah memberikan perhatian besar terhadap kopi Toraja. Hal ini mendorong upaya untuk mengembalikan kejayaan kopi Toraja. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada MASATA, Bank Sulselbar, dan semua pihak yang telah mendukung Toraja Coffee Festival.

Dalam Barista Camp ini, ada serangkaian kegiatan yang melibatkan masyarakat, petani kopi, pengrajin, dan pengusaha kopi Toraja. Kegiatan tersebut termasuk Workshop Roasting & Coffee Sharing, Panen kopi & tahap awal pengolahan kopi, workshop, cupping, lelang kopi, dan beberapa kegiatan lainnya.

Event ini tidak hanya di adakan di Sesean Suloara, tetapi juga akan berlanjut di Gedung Van De Loosdrecht, Rantepao. Rencananya, acara “Toraja Coffee Festival 2023” yang mengusung tema “Make Toraja Coffee Great Again” akan berlangsung hingga bulan September 2023.

Acara ini di selenggarakan oleh MASATA Kabupaten Toraja Utara dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, dan Bank Sulselbar. Di harapkan, kegiatan ini akan semakin menghidupkan industri kopi Toraja dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat serta ekonomi lokal.(*)

Redaksi
Example 72x32
Example 300x350

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *