BMKG Sulsel Ingatkan Potensi Bencana Iklim La Nina

 BMKG Sulsel Ingatkan Potensi Bencana Iklim La Nina

Ilustrasi


BMKG Sulsel Ingatkan Potensi Bencana Iklim La Nina

Dua peristiwa Banjir bandang Sulawesi Selatan, Banjir bandang Bantaeng dan banjir bandang Masamba Luwu Utara semoga tidak terjadi lagi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar berharap Pemerintah segera melakukan langkah antisipasi sedini mungkin risiko bencana hingga dapat terminimalisasi.

Saat bertemu Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, Sabtu, 17 Oktober 2020. Kepala BMLG Sulsel, Darmawan memperingatkan adanya potensi banjir pada puncak iklim La Nina Februari 2021 mendatang. Darmawan menyebut, pihaknya memperkirakan curah hujan akan mulai meningkat pada Desember nanti. Sementara, November hingga Desember curah hujan akan mulai menyeluruh untuk wilayah Sulsel.


UMP Tahun 2021 Kemungkinan Tetap, Turunan UU Omnibus Law Belum Siap

“Wilayah yang pertama kali memasuki musim hujan adalah wilayah pantai barat Sulsel. Pada Desember akan ada peningkatan curah hujan sekitar 20-40 persen, dan memuncak antara Januari-Februari,” kata Darmawan.

Darmawan menyebutkan beberapa efek besar yang mungkin terjadi selama La Nina. Selain banjir, lahan-lahan pertanian pada beberapa daerah akan mengalami kerusakan akibat terendam. Potensi longsor juga tak bisa terabaikan.

BMKG Sulsel juga mengingatkan agar daerah aliran sungai (DAS) pada lahan pertanian harus lebih lebar dan memastikan aliran air tidak terhambat.

“Bisa mengantisipasi DAS-DAS yang mungkin kita prediksi akan menjadikan banjir bandang, sehingga kejadian Bantaeng dan masamba tidak lagi terjadi,” imbuh Darmawan.

Menaggapi hal tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengaku akan segera mengambil langkah antisipasi. Ia mengatakan segera akan mengumpulkan kepala daerah untuk membahas langkah-langkah penanganan dini.

“Ini memang sudah kita wanti wanti dari awal akan adanya cuaca ekstrem di awal tahun. Beberapa daerah telah kita petakan sebagai titik terentan,” katanya.

Pabrik Batterai Terbesar Dunia akan Berdiri di Morowali

Nurdin Abdullah memastikan akan mengambil langkah mitigasi lebih cepat.

“Saya harap BMKG terus memberi masukan atas perubahan iklim La Nina ini,” ujar Nurdin Abdullah.(red)

2 Comments

Comments are closed.