Bupati Lutra: Seluruh 173 Desa di Luwu Utara Raih Status Kampung Keluarga Berkualitas

Banner

LUTRA,SPIRITKITA — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, kembali melakukan pencanangan 60 Kampung Keluarga Berkualitas (KB), menjadikan seluruh 173 Desa/Kelurahan di kabupaten tersebut berstatus Kampung Keluarga Berkualitas. Pencanangan ini di umumkan pada acara Jambore PKK dan Dasawisma tingkat Kabupaten, yang di rangkaikan dengan peluncuran Kampung KB, di Desa Bungapati, Kecamatan Tanalili, pada Jumat, 1 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Bupati Indah menyampaikan harapannya agar pembentukan kampung keluarga berkualitas dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Luwu Utara. Ia menekankan pentingnya pengendalian laju penduduk, sambil mengajak masyarakat untuk memperhatikan pola pengasuhan alternatif, terutama dalam hal pola makan.

“Pemerintah mendorong agar setiap keluarga memperhatikan pola pengasuhan alternatif, seperti pola makan. Bagaimana memenuhi kebutuhan keluarga tanpa mengeluarkan biaya tambahan yang tidak mampu di penuhi oleh keluarga. PKK menjadi sangat penting dalam hal ini, terutama dengan pemanfaatan lahan pekarangan,” ungkap Bupati Indah.

Di tengah acara, Bupati Indah juga memaparkan keberhasilan inovasi Getar Dilan, gerakan serentak tanam sayur di lahan pekarangan di 10.000 rumah di Kabupaten Luwu Utara pada tahun 2022. Inovasi tersebut berhasil masuk dalam TOP 45 inovasi terbaik Indonesia.

“Saya menyebut ini sebagai kode bahwa jangan berhenti karena sudah mendapat penghargaan. Dari 10.000 rumah ini, kita berharap dapat bertambah ke rumah-rumah lainnya. PKK dan pendamping keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini,” tambah Bupati yang karib disapa IDP.

IDP juga mengajak pemerintah desa untuk memperhatikan tingkat kemiskinan dan stunting di wilayahnya serta aktif dalam pelaksanaan program-program terkait. Dalam menyongsong tahun 2024, Pemerintah Luwu Utara menargetkan 0% tingkat kemiskinan dan 14% tingkat stunting.

“Saya minta dukungan penuh dari seluruh pemerintah desa dan kecamatan. Kepala Desa, Camat, dan PD itu tulang punggung kami. Kami di Kabupaten tidak bisa apa-apa, sebaik apapun programnya kalau pemerintah desa tidak memberikan dukungannya,” pinta Bupati IDP.

Selain Kampung Keluarga Berkualitas, IDP juga meluncurkan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) dan Rumah Data. Ia berharap program-program ini tidak hanya sebatas peluncuran saja, melainkan dapat terus berjalan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat di Luwu Utara.(*)

Banner
Redaksi
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *