Data Costumer KreditPlus Bocor, Diperjualbelikan di Internet

 Data Costumer KreditPlus Bocor, Diperjualbelikan di Internet

Data Nasabah


Data Costumer KreditPlus Bocor, Diperjualbelikan di Internet

Pengguna aplikasi pinjaman online KreditPlus patut waspada. Dikutip dari Sophos, Selasa 4 Agustus 2020, setidaknya ada 896 ribu informasi pribadi dari pengguna KreditPlus yang dibobol dan dijual di Forum Bleeping Computer. Forum ini memang dikenal kerap mengumbar informasi pribadi.

Bleeping Computer tidak menyebutkan nama broker pembobol data yang pernah bersentuhan dengannya, tapi sangat mungkin inisialnya berubah menjadi SH. Pialang itu mengatakan bahwa 14 database yang mereka jual. Dan bisa didapat hanya dengan USD 100 hingga USD 1.100 atau setara Rp14 jutaan.

Disebut oleh Teguh Aprianto, Cyber Security & Consultan yang juga Founder of Ethical Hacker Indonesia, melalui akun Twitter-nya di @secgron ada 896 ribu data pribadi yang dijual.


Baca juga: Restrukturisasi ASN, 1,6 Juta Formasi Tenaga Administrasi Dialihkan

“896 ribu data milik KreditPlus bocor dan dijual. Data yang bocor diantaranya Nama, KTP, Email, Password, Alamat, Nomor HP, Data pekerjaan dan Data keluarga penjamin. KreditPlus sendiri adalah perusahaan finansial yang terdaftar dan diawasi oleh @ojkindonesia,”

Sebelumnya, kasus bocornya 15 juta akun Tokopedia terjadi pada awal Mei lalu. Bahkan terungkap kini data yang bocor tersebut bisa diunduh secara bebas dan gratis melalui forum internet

Saat itu, berawal dari salah satu anggota pada sebuah grup Facebook terkait keamanan siber memberikan tautan (link). Link ini untuk mengunduh 91 juta data Tokopedia tersebut secara gratis.

Setelah ditelusuri, ternyata tautan tersebut bersumber pada,….. Bersambung

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *