DLH Luwu Peringati HLH, Lepas Ribuan Bibit Ikan di Sungai Songgang

DLH Kabupaten Luwu Peringati Hari Lingkungan Hidup, Lepas 21 Ribu Ekor Bibit Ikan di Sungai Songgang

Luwu — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Luwu memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2020, di tepi Sungai Songgang Desa Rante Balla Kecamatan Latimojong.

Bersama DLH Kabupaten Luwu, ikut berpartisipasi, Forum Kabupaten Sehat dan PT Masmindo Dwi Area.

Mengangkat tema “Revitalisasi Sungai Songgang dan mengembangkan keanekaragaman hayati yang ada disekitar sungai,” peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilakukan di tepi Sungai Songgang Desa Rante Balla Kecamatan Latimojong.

Pada kegiatan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup dan Masmindo Dwi Area melepas sebanyak 21 ribu ekor bibit ikan jenis nila, lele, ikan mas, bawal dan mujair.

DLH Kabupaten Luwu juga melakukan pengetesan kadar air. Kegiatan ini sekalian merupakan upaya dalam merevitalisasi Sungai Songgang.

Tujuan Pelepasan Ikan

“Ada 2 tujuan pelepasan bibit ikan di sungai songgang ini. Yang pertama adalah untuk mengetahui apakah sungai itu terkontaminasi dengan limbah atau tidak. Jika ikannya bertahan hidup berarti air itu terbebas dari limbah. Tujuan yang kedua adalah mengembalikan fungsi sungai songgang untuk menjadi sumber ikan bagi masyarakat sekitarnya”, kata Kepala Dinas Andi Pangeran.

Dulunya, kata Andi Pangeran sungai Songgang ini adalah sumber kehidupan bagi masyarakat desa Rante Balla dan sekitarnya. Namun karena ulah orang-orang yang tidak bertanggungjawab mengambil ikan dengan cara-cara yang ilegal seperti menyetrum, meracun bahkan ada juga yang menggunakan bom ikan, biota sungai ini jadi rusak dan habis.

“Oleh karena itu, dengan memanfaatkan momen HLHS tahun 2020 ini kita akan melakukan revitalisasi sungai. Caranya dengan mengetes kadar air secara fisika. Dan dilanjutkan dengan uji laboratorium untuk mengetahui apakah air sungai ini telah tercemar atau tidak”, kata Kadis Andi Pangeran.

Sementara itu, Ketua Forum Kabupaten Sehat, Hj Hayarna Basmin memberikan apresiasi atas upaya Dinas Lingkungan Hidup memprogramkan Revitalisasi Sungai Songgang

“Program Revitalisasi Sungai ini dapat memberikan kontribusi positif melestarikan keanekaragaman kehidupan hayati di desa Rante Balla. Ini patut diapresiasi dan dibantu untuk lebih mengoptimalkan manfaat dari sungai Songgang”, kataHj Hayarna Basmin.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis baju Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia PT Masmindo yang diserahkan oleh Kepala departemen Geologi, Heru Widyanarto kepada Ketua Forum Kabupaten Sehat, Hj Hayarna Basmin.(red)

Read Previous

Walikota Palopo Minta Kepsek Kreatif dan Berinovasi

Read Next

KPU Luwu Utara Pesimis Partisipasi Pemilih Capai 78 Persen

ADS AUTO

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *