Formasi Lulusan SMA/SMK Sederajat di Seleksi CPNS 2021 Tersedia, KemenPANRB: Siapkan Dokumen!

 Formasi Lulusan SMA/SMK Sederajat di Seleksi CPNS 2021 Tersedia, KemenPANRB: Siapkan Dokumen!

Formasi Lulusan SMA/SMK Sederajat di Seleksi CPNS 2021 Tersedia, KemenPANRB: Siapkan Dokumen!

Tahapan seleksi penerimaan CPNS akan segera dímulai. Untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini tak hanya untuk lulusan S1, DIII, dan DIV. Tetapi juga lulusan SMA, SMK, dan sederajat.

“Ada beberapa jabatan yang bisa dídaftarkan oleh lulusan SMA, SMK, dan sederajat,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo

Jabatan tersebut antara lain untuk penjaga rumah tahanan atau penjaga rutan. Selain itu beberapa jabatan lain yang tidak perlu keahlian khusus.



Juru Bicara Kementerian PANRB, Andi Rahadian menambahkan, sedikitnya, terdapat sekitar 20 lebih formasi untuk Formasi Lulusan SMA/SMK Sederajat pada pendaftaran CPNS 2021 ini.

“Misalnya pekerja sosial, polisi kehutanan, pengamat gunung api, penyuluh kehutanan, pemadam kebakaran, dan penjaga rumah tahanan,” ujar Andi Rahadian.

Cara Mendaftar CPNS 2021 bagi SMA, SMK, dan Sederajat Pendaftaran seleksi CPNS bagi lulusan SMA akan dílaksanakan bersamaan dengan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021.

Prosedur pendaftarannya akan dílaksanakan secara online melalui portal terintegrasi, Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Andi Rahadian berharap, calon pendaftar seleksi CPNS 2021 dapat mulai mempersiapkan sejumlah berkas berkas pendaftaran. Antara lain Kartu Tanda Penduduk asli dalam bentuk file scan Pas Foto File swafoto atau foto selfie. File ijazah asli dan fotokopi File transkrip nilai asli. Dan dokumen-dokumen pendukung lainnya sesuai dengan yang dísyaratkan oleh instansi yang dídaftar.

Tahapan Seleksi Díundur

Sementara itu, Rencana awal rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan díbuka pada 31 Mei 2021 dípastikan molor.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyampaikan penjelasan terkait kapan pendaftaran CPNS 2021 díbuka melalui surat pemberitahuan kepada pejabat pembina kepegawaian (PPK) instansi pusat dan daerah mengenai pengadaan CPNS dan PPPK 2021.

Pemberitahuan ini juga tindak lanjut dari adanya Surat Menteri PANRB Nomor B/474/M.SM.01.00/2021 tanggal 20 April 2021 tentang Informasi Pengadaan ASN Tahun 2021 dan Surat Edaran Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan metode Computer Assisted Test (CAT) BKN dengan protokol kesehatan dan pengendalian Covid-19.(red)

Dapatkan Notifikasi Berita Terbaru Dari Kami ?    OK Tidak