Fraksi DPRD Luwu Beri Masukan, Ini Tanggapan Bupati Basmin

 Fraksi DPRD Luwu Beri Masukan, Ini Tanggapan Bupati Basmin

Foto bersama usai sesi sidang paripurna Pembahasan APBD Perubahan di Kantor DPRD Luwu


Fraksi DPRD Luwu Beri Masukan, Ini Tanggapan Bupati Basmin

Sebagai kewajiban konstitusi, Pemerintah daerah kabupaten Luwu memberikan jawaban atas pandangan umum fraksi. Hal ini pada sidang paripurna Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD kabupaten luwu tahun anggaran 2020.

Olehnya itu, pada Minggu, 27 September 2020, Bupati Luwu, H Basmin Mattayang kembali menghadiri rapat paripurna pada ruang rapat paripurna kantor Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Luwu. Dengan agenda Jawaban Bupati Luwu terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD kabupaten Luwu.

Sidang Paripurna 1 DPRD Dihadiri Sekda Luwu

Berdasarkan urutan fraksi pada saat pandangan umum fraksi-fraksi, Bupati Luwu memberikan penjelasan terhadap beberapa saran, masukan, dan pendapat terkait pengelolaan keuangan daerah. Juga akselerasi peningkatan PAD pada tiap OPD pengelola PAD. Juga terkait penangangan covid-19, meningkatkan anggaran UMKM untuk pemulihan ekonomi dan optimalisasi program religius pada masa pandemi covid-19. Selain itu, saran agar pemerintah daerah melakukan kajian terhadap serapan anggaran terutama terhadap sistem dan metode dalam pengadaan barang dan jasa agar tidak mengalami keterlambatan dalam proses pengadaan barang dan jasa.


“Terima kasih atas semua saran dan masukan anggota DPRD Kabupaten Luwu. Selaku pimpinan pemerintah daerah, saya akan senantiasa melakukan kajian. Juga diskusi dengan melibatkan para pemangku kepentingan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang semakin baik. Kami sampaikan juga bahwa pengelolaan keuangan daerah senantiasa kita jalankan secara konsisten sesuai kaidah dan regulasi yang ada. Selama lima tahun terakhir keuangan daerah telah menunjukkan tren yang semakin membaik. Ini berdasarkan hasil audit BPK. Pemkab Luwu telah lima kali berturut-turut meraih opini WTP terhadap laporan keuangan pemerintah Kabupaten,” kata Basmin Mattayang.

APBD 2021 Kabupaten Luwu Alami Penyesuaian Gegara Korona

Usai memberikan jawaban atas pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD, Bupati Luwu menginstruksikan kepada seluruh kepala OPD agar proaktif mengikuti seluruh agenda dan tahapan pembahasan rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2020.

“Hadirkan staf yang berkompoten dan siapkan seluruh dokumen dalam proses pembahasan. Semoga waktu yang tersedia dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya”, tutupnya

Pada rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali didampingi oleh Wakil Ketua I, Andi Mappatundru dan Wakil Ketua II, Zulkifli, anggota DPRD yang ikut hadir menerima Jawaban Bupati Luwu terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD dan menyetujui untuk melanjutkan ke tahap pembahasan.

Pembahasan APBD Perubahan, Basmin Minta Kepala OPD Proaktif

Sekedar Informasi, fraksi-fraksi yang ada di DPRD Luwu antara lain, fraksi Partai Golongan Karya, fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), fraksi Nasional Demokrat (Nasdem), fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Persatuan Indonesia, Fraksi PDIP, fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi Partai Demokrat dan fraksi Gabungan Selalu Bersama Rakyat.(ikp)

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *