HMPS PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo Membina Semangat Belajar di SDN 666 Pangiu

 HMPS PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo Membina Semangat Belajar di SDN 666 Pangiu

LUWU,SPIRITKITA — Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPS PGSD) Universitas Cokroaminoto Palopo telah sukses melaksanakan kegiatan sekolah binaan di SDN 666 Pangiu, Desa Karatuan, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu. Kegiatan berlangsung dari tanggal 19 hingga 25 Agustus 2023 dengan tema “Meningkatkan semangat belajar siswa melalui kegiatan belajar sambil bermain”.

Kegiatan sekolah binaan merupakan agenda tahunan yang secara rutin di adakan oleh HMPS PGSD UNCP. Tahun ini, SDN 666 Pangiu menjadi lokasi sekolah binaan yang di pilih. Kegiatan ini lebih dari sekadar pengajaran di kelas, melibatkan upaya pembenahan lingkungan belajar termasuk pembuatan media pembelajaran dan pojok baca. Selain itu, literasi juga menjadi fokus dengan tujuan memberikan dampak positif pada siswa sebelum proses pembelajaran di mulai.

Yulius Bintang Bondang, S.Pd., Kepala Sekolah SDN 666 Pangiu, mengungkapkan, “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi sekolah kami, SDN 666 Pangiu. Ini merupakan langkah baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Tema yang di usung oleh mahasiswa sangat relevan dengan kurikulum saat ini yang menekankan pada partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.”

HMPS PGSD juga memberikan perhatian khusus pada kondisi siswa yang berada di daerah tertinggal, terpencil, dan terluar. Para siswa di daerah ini harus menempuh jarak yang jauh untuk mencapai sekolah dengan berjalan kaki melalui jalan-jalan yang kondisinya kurang baik. Kegiatan ini di harapkan mampu menjadi sorotan bagi pemerintah setempat untuk lebih peduli terhadap pendidikan di wilayah-wilayah terpencil.



Ketua Umum HMPS PGSD, Yogi Syah Putra, menyatakan, “Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi perhatian bagi pemerintah setempat untuk memperhatikan pendidikan hingga pelosok negeri. Semangat belajar anak-anak di daerah ini patut di apresiasi dan di berikan dukungan yang lebih.”

Selama seminggu di lokasi, mahasiswa HMPS PGSD berhasil membangkitkan semangat siswa SDN 666 Pangiu. Berbagai kegiatan yang di selenggarakan di ikuti dengan antusias oleh siswa, termasuk lomba mewarnai yang diadakan sebagai penutup kegiatan. HMPS PGSD berencana untuk terus melaksanakan kegiatan sekolah binaan ini dan akan kembali mengunjungi SDN 666 Pangiu di masa yang akan datang.(Hms)

Digiqole ad