Husler Buka MtQ VIII Luwu Timur

Husler Buka MtQ VIII Luwu Timur

Kegiatan Lomba MTQ yang akan berlangsung selama 6 hari yakni dari tanggal 19 – 24 Februari 2020 telah dibuka dengan acara pentas teater sejarah masuknya Islam di Tana Luwu oleh komunitas GP Palasendaya.

Selain pentas seni, defile kafilah 11 Kecamatan juga mewarnai pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an VIII Tingkat Kabupaten Luwu Timur Tahun 2020.

Ketua Panitia MTQ, Dohri As’ari dalam laporannya mengatakan kegiatan lomba MTQ ini akan berlangsung selama 6 dengan jumlah peserta lomba sebanyak 456 orang dari 8 cabang lomba dan 23 golongan masing-masing putra dan putri. Sementara jumlah official dan suporter sebanyak 1713 orang, sehingga total keseluruhan 2169 orang.

Sementara Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler yang membuka kegiatan tersebut mengatakan Musabaqah Tilawati Qur’an merupakan salah satu wadah bagi pemerintah untuk menumbuhkan sejak dini pembangunan berwawasan moral spiritual yang pada gilirannya diharapkan dapat melahirkan generasi qur’ani atau generasi yang dapat menjadi suri teladan bagi seluruh umat manusia.

“Mengikuti ajang MTQ bukan saja sebagai tujuan untuk menang lomba, tapi bagaimana proses MTQ bisa merubah prilaku seseorang baik itu ahklaknya maupun amalannya,” kata Husler.

Diera kemajuan informasi ini, lanjut Husler, segala sesuatu bergerak cepat. Informasi bisa didapatkan dari siapa saja dan dari mana saja. Oleh karena itu sikap bijak dan pemahaman agama sangat dibutuhkan generasi saat ini untuk membentangi diri dari pengaruh buruk yang dapat merusak mental dan moral.

“Dengan pendekatan agama yang benar, generasi kita akan terhindar dari perilaku – prilaku buruk era digitalisasi. Al Qur’an tidak akan pernah salah dalam menuntun langkah manusia menuju kebaikan hidup didunia maupun diakhirat,” ujar Husler.
Husler menambahkan, dengan semakin memahami dan mendalami kandungan yang terdapat di dalam al-Qur’an, diharap mampu memperkuat jati diri dan karakter bangsa melalui nilai-nilai keagamaan, aturan hukum, serta kerukunan antar umat beragama.

Puncak kemeriahan acara saat Bupati menyerahkan Piala Bergiliir kepada Ketua LPTQ Luwu Timur H. Amran Syam dilanjutkan dengan penekanan tombol yang diiringi bunyi sirine. Sebelum pembukaan, kegiatan diawali dengan pelantikan dewan hakim oleh Bupati Luwu Timur di Gedung Bantea Towuti.

Pembukaan MTQ VIII Tingkat Kabupaten Luwu Timur juga dihadiri Wakil Bupati, Irwan Bachri Syam bersama istri, dr Ani Nurbani, Ketua DPRD, H Amran Syam yang juga ketua LPTQ, Wakil Ketua DPRD, Usman Sadik dan beberapa anggota DPRD, Sekda, Bahri Suli, Kepala Kemenag Lutim, Muhammad Nur Khalik, Ketua FKUB, Ardias Barah dan beberapa Kepala OPD Pemkab Luwu Timur.(nsb)

Read Previous

UPJA Kec. Bua, Dapat Bantuan Alat Mesin Pertanian Luwu

Read Next

Bahri Suli Target Akuntabilitas ASN Lutim Raih Nilai B

ADS AUTO

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *