Jurus Baru Gubernur Sulawesi Selatan Tahan Laju Penyebaran Covid-19

Jurus Baru Gubernur Sulawesi Selatan Tahan Laju Penyebaran Covid-19

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengakui jika dirinya nyaris kehilangan jurus menahan laju penyebaran covid-19.

Hal tersebut diungkapkannya saat mencanangkan gerakan bersama pengendalian virus corona di Kota Makassar.

“Saya kira ini sudah jurus ke sekian. Sudah hampir habis jurus kita tapi kasus Covid masih terus bertambah. Mudah-mudahan gerakan ini betul-betul memberikan dampak,” ujarnya menambahkan.

Pada kesempatan tersebut Nurdin mengungkapkan jika dirinya baru saja bertemu dengan semua kepala daerah yang ada di Sulawesi Selatan.

Rerata, kepala daerah meminta agar kasus Covid-19 di Kota Makassar diturunkan. Pasalnya kata mereka mereka, rata-rata kasus di daerah berasal dari klaster Makassar.

  • Popularitas Evi Masamba Ungguli Bupati IDP
    Popularitas Evi Masamba Ungguli Bupati IDP PENYANYI dangdut jebolan D’Academy asal Masamba, Evi Anggraini alias Evi Masamba melontarkan pernyataan menarik. Pedangdut berusia 29 tahun ini melalui unggahan Instagram-nya, mengatakan, apakah dirinya cocok mencalonkan diri sebagai Bupati Luwu Utara, daerah asalnya. Entah hanya iseng-iseng atau tidak, Evi Masamba bertanya kepada para pengikut akun Instagram pribadinya, apakah…
  • Saksikan Penyerahan Bantuan Kube, Bupati Luwu Timur Beri Arahan
    Bupati Luwu Timu Saksikan Penyerahan Bantuan Kube Bupati Luwu Timur, Ir. H.M Thoriq Husler menyaksikan langsung Penyerahan Bantuan Sosial Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) serta Jaminan Hidup Anak Panti, Lansia dan Disabilitas Kabupaten Luwu Timur di gedung Simpurusiang Malili, Selasa (04/08/2020). Penyerahan Bantuan tersebut secara simbolis diberikan oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan…
  • Angka Kunjungan ke Fasilitas Kesehatan BPJS Palopo Menurun
    Angka Kunjungan ke Fasilitas Kesehatan BPJS Palopo Menurun Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Palopo Menggelar Pertemuan Kemitraan dan Pemangku Kepentingan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Rapat ini di Ruang Rapat Kantor BPJS Kota Palopo, Senin 10 Agustus 2020. Rapat tersebut bertujuan Untuk mencapai persamaan pemahaman tentang program JKN. Juga mempermudah koordinasi antar instansi…
  • Pengurus Apdesi Luwu Ikut Orientasi
    Pengurus Apdesi Luwu Ikut Orientasi Ketua Terpilih, Andi Muhammad Arfan Basmin dan 88 orang pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Luwu masa bakti 2020-2025 mengikuti orientasi yang dilaksanakan di aula rumah jabatan Bupati Luwu, Kelurahan Pammanu Kecamatan Belopa Utara, Senin (10/8/2020) Hadir dalam acara orientasi, Plt kadis DPMD, H Bustan, Kadis, Ketahanan Pangan,…
  • Pemkab Luwu Siap Support Cabor Pencak Silat
    Pemkab Luwu Siap “Support” Cabor Pencak Silat Pemerintah daerah siap mendukung langkah-langkah pengurus IPSI Luwu. Langkah tersebut untuk melakukan pembinaan kepada para atlet. Tujuannya agar dapat meraih prestasi yang lebih baik pada event-event yang dilaksanakan pada waktu mendatang. Pemkab Luwu Siap Support Cabor ini ditegaskan Bupati Luwu, Basmin Mattayang saat mengukuhkan Pengurus Ikatan Pencak Silat…

Selain itu, Nurdin juga menyampaikan akan memberikan reward kepada daerah-daerah zona merah jika berhasil mengendalikan Covid-19 dan menjadikan daerahnya berstatus zona hijau. Jurus Baru Gubernur Sulawesi Selatan.

“Reward-nya bukan sertifikat, bukan piala bergilir tapi menyiapkan anggaran untuk daerah zona merah yang berhasil jadi zona hijau,” kata dia.

Setelah mencanangkan gerakan bersama pengendalian Covid-19 Kota Makassar, akan disusul dengan Perwali tentang percepatan pengendalian Covid-19.

Data Pantauan COVID-19 di Sulawesi Selatan Update Pukul 23:15, Hari Selasa – 07 Juli 2020

Perwali itu akan mengatur pembatasan pergerakan warga keluar masuk Kota Makassar. Mereka yang keluar dan masuk Kota Makassar harus dilengkapi surat keterangan berbadan sehat atau bebas Covid.

“Dan mulai hari ini, pemerintah telah menyiapkan fasilitas rapid test gratis bagi warga, dengan terlebih dulu melakukan pendaftaran secara online,” kata Nurdin.

Terpisah, Epidemiolog Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengatakan ada perubahan zonasi risiko penularan virus corona di Indonesia per data 5 Juli 2020.

Kluster Vale Luwu Timur Picu Penambahan Kasus Covid-19 di Sulawesi Selatan

Dewi menyebut ada penambahan zona hijau di Indonesia hingga berjumlah 104, sementara zona merah berada di angka 53. Provinsi yang berhasil berpindah ke zona hijau adalah tiga daerah di Provinsi Sumatera Barat dan dua daerah di Provinsi Sumatera Selatan.

“Ada 43 kabupaten kota yang meski sebelumnya terdapat kasus namun tidak ada kasus baru dalam dua pekan sehingga menjadi zona hijau, dan 61 kabupaten kota yang tidak terdampak, dan 53 zona merah” kata Dewi di Graha BNPB, Jakata, Selasa (7/7).

Dewi menekankan peta zonasi dapat berubah warna setiap minggunya, bergantung pada penemuan kasus dalam daerah tersebut.

Untuk diketahui, penentuan zona pada sebuah daerah berdasarkan pada indikator kesehatan masyarakat seperti indikator epidemiologi, indikator surveilans kesehatan masyarakat dan indikator pelayanan kesehatan.(fik)

Read Previous

Bupati Luwu Berduka! Orang Tua Angkatnya Meninggal

Read Next

Rapid Test Pemprov Sulawesi Selatan Gratis, Daftar Online di Sini!

ADS AUTO

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *