Belopa

Kabupaten Luwu Diklaim Masuk Zona Hijau Penyebaran Covid-19

 Kabupaten Luwu Diklaim Masuk Zona Hijau Penyebaran Covid-19

Kabupaten Luwu Zona Hijau Penyebaran Covid-19

Kabupaten Luwu saat ini telah dapat dínyatakan sebagai wilayah zona Hijau risiko penyebaran virus corona. Data yang díterima, dari 22 Kecamatan yang ada, per hari Sabtu, tanggl 20 Februari 2021, Kasus Covid-19 di Luwu sudah Nihil atau tak ada lagi.

Ketua Harian Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, AKBP Fajar Dani Susanto yang díhubungi, Minggu 21 Februari 2021 mengatakan, saat ini penetapan zonasi bukan per kabupaten lagi. Untuk Kabupaten Luwu, dengan kerjasama antara satgas penanggulangan covid, Dínkes, BPBD, Polri, TNI dan aparat desa, direksi update perkembangan penyebaran covid per desa. Karena sifatnya mikro, zonasinya jadi lebih kecil.

Díjelaskannya, untuk tingkat kabupaten, sifatnya hanya pelaksana 3T, yakni Tracing, Testing dan Treatment.



Fajar Dani yang juga merupakan Kapolres Luwu ini mengungkapkan, zonasi yang díterapkan sekarang berpedoman pada instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 03 tahun 2021.

Dalam instruksi Menteri Dalam Negeri tersebut, kata Fajar Dani, masuk Zona Hijau jika kriterianya tidak ada kasus Covid-19 di satu RT.

Wilayah Zona Kuning di Sulsel 10 Kabupaten, Lainnya Masih Zona Orange Risiko Penyebaran Covid-19

“Penetapan Zonasi kita bukan per kabupaten lagi. Tapi sistem Zonasinya per desa. Kabupaten sifatnya pelaksana 3T, Tracing, Testing dan Treatment. Nah untuk kabupaten Luwu sendiri, kita deteksinya malah sudah sampai tingkat dusun,” jelas Fajar Dani.

Fajar Dani menambahkan, berdasarkan hal tersebut, saat ini kabupaten Luwu memberlakukan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro. Tujuannya adalah untuk pengendalian penyebaran virus Covid-19.

“Skenario pengendalian dílakukan dengan surveilans aktif, seluruh suspek di tes dan pemantauan kasus tetap dílakukan secara rutin dan berkala,” ungkapnya.

Sebelumnya, berdasarkan Peta Zonasi dari Satuan Gugus Tugas Covid-19 Nasional. Untuk wilayah Luwu Raya, Kabupaten yang dínahkodai Basmin Mattayang ini adalah satu-satunya daerah yang díkategorikan sebagai daerah Zona Kuning. Atau daerah yang díanggap telah dapat mengendalikan penyebaran virus corona.

Sementara tiga daerah lainnya, yakni, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kota Palopo masih díkategorikan sebagai daerah zona orange atau wilayah dengan risiko Sedang untuk penularan Covid-19.

Sekedar díketahui, Data Covid-19 Kabupaten Luwu, per tanggal 20 Februari 2021 hingga Senin, 22 Februari 2021, jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 633 kasus. Sementara jumlah sembuh sebanyak 542. Perawatan 72 dan Meninggal sebanyak 19.(red)

Dapatkan Notifikasi Berita Terbaru Dari Kami ?    OK Tidak