Kapolda Sulteng: Operasional PT ITSS Morowali Dihentikan Sementara Usai Ledakan Tungku Smelter

Banner

SPIRITKITA.COM — Irjen Pol Agus Nugroho, Kapolda Sulteng, menyampaikan bahwa operasional PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) Morowali telah di hentikan sementara setelah ledakan tungku smelter yang terjadi pada Minggu, 24 Desember 2023. Pernyataan ini di sampaikan dalam konferensi pers, di mana Irjen Agus menjelaskan langkah-langkah antisipasi yang di ambil oleh pihak kepolisian.

Pihak kepolisian telah melakukan pengamanan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan membentuk tim gabungan penyidik, melibatkan Polda Sulteng, Polres Morowali, dan Bareskrim Polri. Tim tersebut akan melakukan penyelidikan lebih lanjut, di dukung oleh tim DVI Biddokkes dan tim Inafis dari Laboratorium Forensik Makassar serta Mabes Polri.

Irjen Agus menjelaskan bahwa ledakan tungku smelter terjadi saat proses perbaikan sedang di lakukan. Tim teknis dari PT ITSS melakukan perbaikan pada salah satu tungku feronito di lantai dua. Ketika melakukan pembongkaran, terjadi ledakan di sertai semburan api, yang mengakibatkan kebakaran di gedung PT ITSS.

Akibat kebakaran ini, 13 orang tewas, termasuk 4 Tenaga Kerja Asing (TKA) dan 9 Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Selain itu, 29 orang mengalami luka berat, 12 luka sedang, dan 5 luka ringan. Irjen Agus menegaskan bahwa operasional PT ITSS akan di hentikan sementara hingga hasil penyelidikan lebih lanjut.

Irjen Agus menyampaikan pemantauan awal menunjukkan bahwa sistem tanggap darurat di PT IMIP, kawasan di mana PT ITSS beroperasi, berfungsi baik. Namun, penyelidikan lebih lanjut masih dalam proses untuk mengidentifikasi penyebab pasti dan langkah-langkah selanjutnya yang diperlukan.(*)

Banner
fsuryaa
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *