Kementerian Agama Umumkan Tanggal Lebaran Idul Fitri 2024: 10 April

SPIRITKITA.COM — Kementerian Agama (Kemenag) telah mengumumkan hasil sidang isbat penentuan Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1445.

Hari Raya Idul Fitri 2024 jatuh pada 10 April 2024 berdasarkan hasil sidang isbat, di kantor Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat,

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan bahwa pemerintah menyepakati 1 Syawal 1445 H jatuh pada 10 April 2024 berdasarkan dua data, yaitu hasil hisab dan pengamatan hilal.

“Pemerintah melalui Kementerian Agama selalu menggunakan dua metode penentuan awal bulan Qomariyah yang saling melengkapi dan tidak bisa di negasikan satu dengan yang lain,” kata Yaqut dalam jumpa pers, Selasa 9 April 2024.

Hasil sidang isbat, kata Yaqut, sekaligus menunjukkan tidak ada perbedaan tanggal Lebaran 2024 antara pemerintah, Nahdlatul Ulama (NU), dengan Muhammadiyah.

Di mana untuk tanggal Lebaran versi Muhammadiyah, NU, dan pemerintah tahun ini sama terlepas awal puasa berbeda.

Adapun beberapa lembaga yang terlibat termasuk BMKG, BIG, Planetarium, ITB Bosscha, UIN, dan sejumlah organisasi massa Islam lainnya.

Dalam pengamatan hilal di lakukan di berbagai wilayah Indonesia mulai sore hari hingga petang.

Pengamatan hilal penentu 1 Syawal menggunakan kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

Kriteria MABIMS menetapkan bahwa visibilitas hilal (imkanur rukyat) yang menentukan awal bulan baru, yaitu hilal memiliki ketinggian 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.(*)

Esan
Redaksi
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Reporter
Example 72x32
Example 300x350

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *