Kementerian PANRB Selesaikan Rancangan Penghapusan Eselon III dan IV, Seperti Ini Cara,….

Kementerian PANRB Selesaikan Rancangan Penghapusan Eselon III dan IV, Seperti Ini Cara,….

Arahan presiden Jokowi terkait penyederhanaan dalam tubuh birokrasi yang menjadi salah satu fokus dari lima program prioritas Kabinet Indonesia Maju yaitu dengan menghapus eselon III dan IV telah diselesaikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Jabatan administrator (eselon III) dan pengawas (eselon IV) telah resmi dialihkan ke jabatan fungsional. Hal ini tentunya membutuhkan penyesuaian dalam pengelolaan manajemen kepegawaian.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan peta jalan penyederhanaan birokrasi akan dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Untuk jangka Pendek, kata Tjahjo, mencakup mengeluarkan Surat Edaran Menteri PANRB, identifikasi dan kajian instansi pemerintah, pemetaan jabatan, serta penyusunan kebijakan.

Untuk jangka Menengah, kata Tjahjo lagi, mencakup penyelarasan kebijakan jabatan fungsional (JF) untuk penilaian kinerja JF, penyesuaian kebijakan JF dan kurikulum pelatihan kepemimpinan Lembaga Administrasi Negara, serta implementasi pengangkatan/perpindahan jabatan administrasi ke fungsional di instansi pemerintah.

“Tahap jangka panjang dilaksanakan dengan penerapan Birokrasi Smart Office melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE (e-Government) secara nasional serta pengawasan dan evaluasi pelaksanaannya,” ujar Tjahjo dikutip Sabtu, 22 Februari 2020.

Tjahjo mengatakan dengan adanya sebagian besar pejabat fungsional, tentu memerlukan pengelolaan manajemen kepegawaian yang berbeda.

Tjahjo juga menyampaikan, sebagai tindak lanjut dari mandat Presiden untuk penyederhanaan birokrasi, Ia telah mengeluarkan SE Nomor 384, 390 dan 391 Tahun 2019 tentang Langkah Strategis dan Konkret Penyederhanaan Birokrasi yang ditujukan kepada menteri Kabinet Indonesia Maju, gubernur, wali kota dan bupati serta seluruh instansi pusat dan daerah.(***)

Read Previous

Ngopi di “Warkop 24 Jam” Walikota Palopo Katakan Ini,….

Read Next

Pemangkasan Jabatan Eselon III dan IV Diharap Ciptakan Profesionalitas ASN

ADS AUTO

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *