Kenaikan Harga Sapi Kurban di Kota Palopo Menjelang Idul Adha 2024

Banner

PALOPO, SPIRITKITA  – Menjelang Idul Adha 2024, harga sapi kurban di Kota Palopo mengalami kenaikan signifikan di banding tahun 2023. Kenaikan ini mencapai sekitar Rp 1 juta per ekor.

“Tahun lalu (2023) kami masih menjual sapi dengan harga Rp 13 juta, bahkan ada yang Rp 12,5 juta. Tapi tahun ini yang paling murah adalah Rp 14 juta,” ungkap Norman seorang pengusaha sapi di Kota Palopo, pada Jumat (14/6/2024).

Norman menjelaskan bahwa sapi dengan harga Rp 14 juta memiliki berat daging sekitar 65 hingga 70 kilogram. Sedangkan sapi dengan harga termahal yang ia jual, yaitu seharga Rp 30 juta, memiliki berat daging mencapai 200 kilogram. Meskipun demikian, sapi kurban dengan harga termurah sudah memenuhi syarat sebagai hewan kurban.

Untuk memenuhi kebutuhan sapi kurban, Norman mendatangkan hewan dari berbagai daerah seperti Sinjai, Luwuk Banggai, Bone, bahkan Kupang. Setiap sapi yang tiba di Palopo di laporkan ke Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan Kota Palopo untuk pemeriksaan kesehatan dan pemberian multivitamin.

“Karena hewan kurban yang di jual di datangkan dari berbagai daerah, setiap kali ada yang datang saya laporkan ke Dinas Peternakan guna di periksa kesehatannya dan diberi multivitamin,” tambah Norman.

Norman juga mencatat adanya peningkatan jumlah pembeli hewan kurban di tempatnya berjualan, yang berlokasi di belakang Masjid Islamic Center Palopo, sepekan menjelang Idul Adha. 

Dengan kenaikan harga dan meningkatnya permintaan, para pembeli di harapkan dapat melakukan pembelian lebih awal untuk memastikan mendapatkan sapi kurban yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Banner
Avatar
Redaksi
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Reporter
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *