Kolaborasi KASN dan Baswalu Perkuat Pengawasan Netralitas Pilkada 2020

Kolaborasi KASN dan Baswalu Perkuat Pengawasan Netralitas Pilkada 2020

Pengawasan Netralitas Pemilu dan Pilkada telah diperkuat kemitraan strategisnya oleh KASN dengan BAWASLU RI. Kolaborasi tersebut dituangkan dan ditandatangani oleh Ketua KASN dan Ketua Bawaslu RI dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pengawasan Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu 17 Juni 2020 di Kantor Pusat Bawaslu RI, dengan disaksikan oleh perwakilan dari KemenPAN-RB, Kemendagri, BKN, dan pemangku kepentingan terkait dari instansi Pemerintah lainnya.

Fadriaty Asmaun Terima Puluhan Masukan, Tutup Reses Bersama Insan Pers-LSM

Ketua KASN Prof. Agus Pramusinto M.D.A menjelaskan bahwa penguatan Kolaborasi ini menjadi sangat penting untuk mengupayakan langkah-langkah antisipasi pencegahan potensi pelanggaran Netralitas yang dilakukan oleh Pegawai ASN di daerah Pilkada masing-masing. “Pengawasan bersama telah kami perketat untuk mengurangi tren pelanggaran, dalam masa penundaan Pilkada serantak sampai dengan akhir tahun 2020 ini,” kata Agus.

Adapun lingkup PKS yang akan dipergunakan sebagai pedoman pengawasan di lapangan adalah (a) Pertukaran data dan informasi; (b) Pencegahan; (c) Pengawasan; (d) Penindakan; dan (e) Monitoring tindak lanjut rekomendasi.

Basmin-Cakka Saling Puji di Hari Donor Darah se Dunia

Khusus untuk pertukaran data dan informasi, KASN dan Bawaslu bersepakat untuk mengembangkan sistem aplikasi pengolahan data pengawasan yang terintegrasi dalam waktu dekat ini. Hal tersebut untuk lebih meningkatkan akurasi dan validitas data tentang jumlah pelanggaran netralitas, kategori jenis pelanggaran, kategori jabatan ASN terlapor, jumlah rekomendasi dan tindak lanjutnya.

“Kami sangat mengharapkan bahwa penguatan kerjasama ini akan lebih meningkatkan efektivitas dan efisiensi tugas-tugas pengawasan kedua lembaga sesuai dengan kewenangannya masing-masing”, ujar Abhan Ketua Bawaslu RI. Lanjut Pages 2,…. Kolaborasi KASN dan Baswalu

Read Previous

Nilai Assement Seleksi JPT Pratama Setingkat Eselon II Pemprov Sulsel Diumumkan

Read Next

Pemkot Palopo Terima Bantuan Alkes dari PT BMS Kalla Group

ADS AUTO

One Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *