Luwu Siapkan Insentif Perawat yang Bertugas di Ruang Isolasi Covid-19

Luwu Siapkan Insentif Perawat yang Bertugas di Ruang Isolasi Covid-19

Direktur Rumah Sakit Batara Guru Kabupaten Luwu, Dokter Daud mengungkapkan, perawat yang bertugas di ruang isolasi untuk penangan Covid-19 akan menerima tambahan dana insentif. Dana insentif tersebut diakuinya diambil dari anggaran perjalanan dinas yang sebelumnya terplot di rencana kerja anggaran (RKA) Rumah Sakit Batara Guru.

Perawat di ruang Isolasi
Ilustrasi (Perawat di ruang Isolasi)

Langkah ini diambil direktur Rumah Sakit sebagai stimulus agar perawat tak ragu bertugas di ruang Isolasi. Diungkapkan dr Daud, selama ini rerata perawat yang jaga takut dengan resiko penanganan Covid-19.

“Kami beri insentif harian pada perawat yang bersedia bertugas. Dananya kami ambil dari dana perjalanan dinas yang dialihkan ke situ,” ungkap dr Daud.

Diakui dr Daud, tugas para perawat yang bertugas di ruang isolasi memang tidak mudah. Saat berada di ruang isolasi, butuh keikhlasan dan jiwa pengabdian. Pasalnya, selama 8 Jam para perawat tidak boleh makan, minum dan buang hajat.

“Karena baju yang mereka gunakan itu satu kali pakai, tapi katanya APD yang dipesan oleh tim Pemkab Luwu bisa tiga kali pakai,” ungkap dr Daud. Wajar Luwu Siapkan Insentif Perawat

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Luwu menyiapkan anggaran sebesar Rp1 Milyar guna pembelian Alat Pelindung Diri (APD) untuk perawat yang bertugas di ruang isolasi.

Anggaran tersebut diambil dari dana tanggap darurat yang dimiliki BPBD Luwu.

Ketua Satgas Tim Penanganan pencegahan Corona Luwu, Yeremia Maya mengatakan saat ini pihaknya telah memesan APD yang akan digunakan menangani pasien yang OPD atau PDP.

Selain itu, Tim Gugus Tugas juga telah melakukan sosialisasi surat edaran bupati mulai tingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa, melakukan penutupan sementara tempat-tempat keramaian, seperti café dan taman hiburan lainnya dan yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan ruang isolasi Pasien dalam Pengawasan di Rumah sakit Umum Daerah Batara Guru Belopa.(fik)

Read Previous

Luwu Anggarkan Rp1 M Beli APD, Sebelumnya Kenakan Jas Hujan Tangani Pasien Dicurigai Covid-19

Read Next

Nongkrong di Cafe Hanya Boleh Sampai Pukul 17.00, Lewat Itu Satpol PP Bertindak!

One Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *