Mahasiswa UNCP Ikut Program Kemendikbud Satu Semester, Uang Saku Per Bulan Rp,….

 Mahasiswa UNCP Ikut Program Kemendikbud Satu Semester, Uang Saku Per Bulan Rp,….

Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) berhasil mengikutkan 19 mahasiswanya pada program kampus mengajar tahap 1 tahun 2021. Program ini terselenggara oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

19 mahasiswa UNCP yang ikut pada Program Kampus Mengajar 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan angkatan 1 ini berasal dari 3 Fakultas. Yakni 13 orang dari Fakultas Sains, 5 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan 1 orang dari Fakultas Pertanian.

Para Mahasiswa UNCP Ikut Program ini sebelumnya mengikuti seleksi dengan ketat. Mereka akan dítugaskan mengajar pada Sekolah Dasar, baik negeri maupun swasta, yang memiliki kategori 3T. Yakni tertinggal-terdepan-terluar, yang berada di sekitar domisili atau di sekitar tempat tinggal mahasiswa selama satu semester mulai tanggal 22 Maret sampai 25 Juni 2021.

Program ini sendiri merupakan bagian dari program Kampus Merdeka dengan melibatkan mahasiswa menjadi pengajar.



“Mahasiswa akan beraksi berkreasi dan berkolaborasi. Selama 12 minggu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SD terutama di daerah 3T,” ujar Mendikbud Nadiem Makarim saat membuka program Kampus Mengajar 2021 awal bulan kemarin.

Nadiem Makarim juga mengharapkan agar Kampus Mengajar bisa jadi wahana untuk mengasah kepemimpinan, kematangan emosional, dan kepekaan sosial para mahasiswa yang terpilih.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam menyatakan lokasi SD penempatan atau sasaran di seluruh Indonesia yang dípilih sesuai tempat domisili para peserta program Kampus Mengajar. Sehingga nantinya tidak akan ada mobilisasi mahasiswa dalam program ini. Mahasiswa juga dísebutkan akan mendapat insentif.

Insentif yang akan dídapatkan mahasiswa yang terpilih dalam program Kampus Mengajar berupa uang saku senilai Rp700 ribu per bulan. Selain itu, juga potongan UKT (Uang Kuliah Tunggal) maksimal Rp2,4 juta satu kali.(red)

Dapatkan Notifikasi Berita Terbaru Dari Kami ?    OK Tidak