Mahfud MD Resmi Mengundurkan Diri dari Jabatan Menkopolhukam

Menko Polhukam Mahfud MD/Net
Banner

SPIRITKITA.COM — Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD secara resmi mengundurkan diri dari posisinya dalam Kabinet Indonesia Maju. Pengunduran diri ini disampaikannya di Pura Ulun Danu, Desa Swastika Buana, Lampung Tengah. Mahfud MD telah membicarakan keputusannya ini dengan Ganjar Pranowo, ketua umum partai politik pengusung, dan telah berdiskusi dengan pihak Istana.

Dalam siaran langsungnya, Mahfud MD menyatakan, “Saya akan melaporkan saya sudah selesai (di kabinet).” Ia selalu membawa surat pengunduran diri dari Kabinet Indonesia Maju dan akan menyerahkannya langsung kepada Presiden Joko Widodo. Meskipun belum menemui Presiden, Mahfud tetap membawa surat tersebut, dan begitu waktu bertemu, surat itu akan di sampaikannya.

Mahfud menyampaikan rasa hormatnya kepada Jokowi yang telah menunjuknya sebagai Menkopolhukam. “Saya hanya akan menyampaikan surat singkat saja, dengan itu tadi saya dulu di angkat dengan hormat, menerima pengangkatan dengan hormat, saya akan pamit dengan penuh kehormatan juga kepada beliau.”

Pengunduran diri ini datang setelah Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebut suasana di kabinet semakin tak kondusif. Hasto menyoroti tiga hal yang menunjukkan ketidaksetujuan di Kabinet Indonesia Maju, termasuk tertutupnya proses penunjukkan penjabat kepala daerah dan adanya fragmentasi di antara para menteri.

Meski belum ada penjelasan resmi terkait alasan Mahfud MD mengundurkan diri, pengamat politik mencatat bahwa situasi politik dalam kabinet tampak memanas dalam beberapa waktu terakhir.(*)

Banner
Esan
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *