Malam Ramah Tamah HKN ke-59: Suksesnya Transformasi Kesehatan di Kota Palopo

Banner

PALOPO,SPIRITKITA – PLH Sekda Kota Palopo, Ilham Hamid. SE., M.Si., mewakili Pejabat Walikota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si., menghadiri Malam Ramah Tamah Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 yang di selenggarakan bersamaan dengan pemilihan Putri Kesehatan se Luwu Raya Tahun 2023 di Gedung Merdeka Convention Hall (MCH) Kota Palopo, pada Jumat, 10 November 2023.

Kegiatan ini di selenggarakan sebagai wujud implementasi UUD Republik Indonesia No.36 Tahun 2009 tentang kesehatan, yang menekankan pada pembangunan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Tema HKN ke-59 adalah “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju,” dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan mendorong perilaku hidup sehat dan bersih.

San Ashari, S.KM., M.Kes, Ketua Panitia Pelaksana HKN ke-59, menyampaikan bahwa kesehatan adalah hak asasi manusia dan tanggung jawab bersama. Seluruh rangkaian kegiatan HKN ke-59 di Kota Palopo berlangsung dari tanggal 7 hingga 13 November 2023. Kegiatan tersebut mencakup bakti sosial pemberantasan sarang nyamuk, pertandingan futsal, bulu tangkis, lomba bakiak, kasti, lari karung estafet, lomba menyanyi, senam bersama,

lomba cipta menu Germas, dan pemilihan Putri Kesehatan se-Luwu Raya. Acara ini di akhiri dengan karnaval dan jalan santai.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugrah, S.KM., M.M., menyampaikan apresiasi terhadap keberhasilan panitia dalam menyelenggarakan rangkaian kegiatan HKN ke-59 hanya dalam waktu tiga minggu. Ia menyampaikan terima kasih kepada Walikota Palopo, panitia pelaksana, dan seluruh sponsor kegiatan.

Irsan Anugrah melaporkan bahwa Kota Palopo telah mencapai beberapa prestasi dalam bidang kesehatan selama satu tahun terakhir. Kota Palopo telah menjadi Kota Wisata Kesehatan dengan 7 rumah sakit dan 12 puskesmas yang tersebar di beberapa kecamatan, di lengkapi dengan laboratorium kesehatan daerah, UPT jemput antar,

dan dukungan penuh dari Pemerintah dalam pelayanan kesehatan. Kota Palopo juga meraih predikat Universal Health Coverage (UHC), memastikan seluruh masyarakat memiliki akses ke layanan kesehatan.

“Tidak ada lagi masyarakat kita yang tidak di jamin oleh Jaminan Kesehatan Nasional. Kota Palopo sudah berstatus Universal Health Coverage (UHC),” ungkap Irsan Anugrah. Ia juga menyampaikan bahwa Kota Palopo telah mencanangkan Gerakan Semesta Stunting untuk menangani dan mencegah stunting di Kota Palopo.

Sambutan tertulis dari Pj Walikota Palopo, yang di sampaikan oleh PLH Sekda Kota Palopo, Ilham Hamid. SE., M.Si., menekankan tujuan program unggulan Pemerintah Kota Palopo untuk tahun 2024, yaitu bebas stunting dan bebas kemiskinan ekstrem. Pj Walikota berharap agar program ini mendapat dukungan penuh dari perangkat daerah.

Ilham Hamid menggambarkan bahwa fluktuasi inflasi seperti orang demam, di mana keadaan kedinginan dan kepanasan tidak baik. Oleh karena itu, diharapkan agar inflasi tetap stabil dan dapat dijaga bersama-sama untuk mendukung pembangunan Kota Palopo.

Malam Ramah Tamah HKN ke-59 ini, yang juga mencakup pemilihan Putri Kesehatan se Luwu Raya Tahun 2023, diharapkan dapat memberikan pemahaman masyarakat tentang pentingnya hidup sehat. Pemerintah Kota Palopo berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan semacam ini guna mencapai kesehatan dan kesejahteraan masyarakat yang maksimal.

Hadir pada kegiatan ini, Pj Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Selatan dan Pj Ketua TP-PKK Kota Palopo, Asisten Bidang Pembangunan Setda Kota Palopo, unsur Forkopimda Kota Palopo, Ketua Organisasi Kesehatan Kota Palopo, tenaga kesehatan se-Kota Palopo, kepala cabang BPJS Kota Palopo, dan tamu undangan lainnya.(rls)

Banner
Redaksi
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *