Menjaga Kesehatan Selama Mudik: Tips dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk Perjalanan yang Aman

ilustrasi

SPIRITKITA.COM — Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. RA Adaninggar, memberikan beberapa tips penting untuk menjaga kesehatan saat mudik, khususnya dalam menghadapi kondisi yang melelahkan dan berpotensi mempengaruhi kesehatan.

  1. Makanan Sehat dan Bergizi: Konsumsilah makanan sehat dan bergizi jauh sebelum hari mudik. Hindari makanan yang dapat memicu gangguan pencernaan atau masalah kesehatan lainnya, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta. Nutrisi adalah kunci untuk menjaga kesehatan.
  2. Berolahraga Secara Teratur: Meskipun dalam bulan puasa, berolahraga tetap penting. Lakukan olahraga ringan minimal 15-20 menit setiap hari, bisa dilakukan setelah berbuka puasa atau menjelang waktu berbuka.
  3. Istirahat yang Cukup: Perjalanan mudik cenderung melelahkan, oleh karena itu istirahat yang cukup sangatlah penting. Istirahat yang baik dapat menjaga daya tahan tubuh, mencegah penurunan imunitas, dan menghindari dampak penyakit.
  4. Jaga Kebersihan: Selalu menjaga kebersihan dengan menggunakan masker dan mencuci tangan, terutama setelah menyentuh benda-benda di tempat umum.
  5. Hindari Penggunaan Gadget Berlebihan: Penggunaan gadget yang berlebihan dapat memicu mabuk perjalanan. Lebih baik tidur atau memejamkan mata untuk mengurangi gejala mabuk.
  6. Posisi Duduk yang Tepat: Untuk mengurangi mabuk perjalanan, duduklah di bagian depan kendaraan. Jika mabuk sudah terjadi, obat dapat membantu mengatasinya.
  7. Membawa Cukup Cairan: Pastikan untuk membawa cukup cairan untuk mencegah dehidrasi, terutama saat melakukan perjalanan jauh.
  8. Jaga Kesehatan Mental: Jaga kesehatan mental dengan mendengarkan musik atau berinteraksi dengan anggota keluarga untuk menjaga suasana tetap nyaman selama perjalanan.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan perjalanan mudik dapat berjalan lancar dan kesehatan tetap terjaga dengan baik.(jiv)

Rajiv
Redaksi
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Reporter
Example 72x32
Example 300x350

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *