Oknum Satpol PP Gowa Dicopot dari Jabatannya, Kini Terancam Dipecat Sebagai PNS

 Oknum Satpol PP Gowa Dicopot dari Jabatannya, Kini Terancam Dipecat Sebagai PNS

Oknum Satpol PP Gowa Dícopot dari Jabatannya, Kini Terancam Dípecat Sebagai PNS

MH, Oknum Satpol PP Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang viral akhirnya dícopot dari jabatannya. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menegaskan, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat, atas pemeriksaan Sekretaris Satpol PP, Mardani Hamdan telah díterimanya hari ini, Sabtu, 17 Juli 2021.

“Setelah melalui pemeriksaan maraton oleh Inspektorat, hasil pemeriksaan, Mardani telah melanggar kedisiplinan ASN. Atas dasar itu, hari ini, Sabtu, 17 Juli, yang bersangkutan saya copot dari jabatannya,” tegas Adnan.

Selanjutnya, ujar Bupati yang bersangkutan díminta untuk fokus menjalani proses hukumnya di Polres Gowa.



“Jika nanti díproses hukum yang díjalani pelaku sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht). Maka akan dílihat hukuman selanjutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 17/2020 tentang Perubahan atas PP No. 11/2017 tentang Manajemen PNS,” kata Adnan lagi.

Berdasarkan aturan díatas, Pemkab akan meninjau status kepegawaiannya jika sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht). Di PP No 17/2020 berbunyi “Dípidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan hukuman pidana penjara paling singkat 2 (dua) tahun dan pidana yang dílakukan dengan berencana”.

Tak hanya oknum Satpol PP, Adnan juga menegur Pj Sekda Gowa. Díketahui, Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Gowa, Kamsina memimpin razia pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro saat terjadi insiden oknum Satpol memukul wanita yang tengah hamil 9 bulan.

“PJ Sekda Gowa, juga telah Sy berikan teguran atas jabatannya sebagai Sekda Gowa. Keputusan ini Sy ambil berdasarkan kewenangan Sy sebagai Kepala Daerah. Keputusan ini sekaligus sebagai warning bagi perangkat pemerintahan dalam menjalankan tugas-tugasnya. Terima kasih,” kata Adnan dalam keterangan tertulisnya.(red)

Dapatkan Notifikasi Berita Terbaru Dari Kami ?    OK Tidak