Operasi Ketupat 2023: Kesiapan Pengamanan Mudik Aman Berkesan di Kota Palopo

Banner

PALOPO,SPIRITKITA – Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Setda Kota Palopo, Nuryadin, S.H., M.H., M.Si, mewakili Walikota Palopo, menghadiri Apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 yang digelar di Polres Palopo, Senin (17/04/2023). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka kesiapan pengamanan menjelang dan pasca Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah/2023 M dengan tema “Mudik Aman Berkesan”.

Dalam sambutan tertulis Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang disampaikan oleh Kapolres Palopo, AKBP Safi’i Nafsikin, SH., SIK., MH, disebutkan bahwa Operasi Ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik sehingga dapat memastikan kelancaran Hari Raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang aman dan berkesan” pada saat arus balik. Oleh karena itu, terdapat beberapa penekanan yang harus diperhatikan dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Selain itu, dalam melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023, diharapkan dapat menjadi sebuah kehormatan sekaligus ladang amal bagi semua pihak.

Berbagai langkah-langkah yang dilakukan dalam pengamanan Arus mudik juga harus diterapkan pada Arus balik, sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan selamat. Untuk itu, perkuat sinergitas dan solidaritas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.

Kapolres juga menyampaikan bahwa pada pagi itu, dilakukan apel gelar pasukan dengan melibatkan 120 personel dari seluruh stakeholder, TNI, dishub, BPBD, dan instansi lainnya, yang melaksanakan tugas mengutamakan preventif dan penegakan hukum terhadap pengendara dan masyarakat yang melakukan kegiatan di bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri. Ada empat titik yang ditempatkan yaitu di Latuppa, Sampoddo, Hypermart, dan Pasar Sentral, dan dua pos pantau di Battang dan Jembatan Rusak (Rampoang).

Kepolisian juga melakukan himbauan kepada masyarakat dan pemudik agar senantiasa menjaga keselamatan mereka, baik dari pengendara maupun masyarakat itu sendiri. Khususnya bagi masyarakat yang mudik, diharapkan agar melaporkan rumah yang ditinggalkan kepada pihak keamanan, sehingga bisa dijaga keamanannya oleh kepala lingkungan.

Turut hadir dalam kegiatan Kasdim 1403/Palopo Mayor Kav Suparman S.Pd, Wakapolres Palopo Kompol Ridwan, Kadis Hub Palopo, Kasi Intel Kejari Palopo, serta jajaran Polres Palopo.(rls)

Banner
Redaksi
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *