Pelaksana Program Wisata Covid-19, Tim Gugus Tugas Sulsel Sebut Kota Palopo Salah satunya

 Pelaksana Program Wisata Covid-19, Tim Gugus Tugas Sulsel Sebut Kota Palopo Salah satunya

Ilustrasi


Pelaksana Program Wisata Covid-19, Tim Gugus Tugas Sulsel Sebut Kota Palopo Salah satunya

Tim Ahli Data dan Epideomologi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin menyebut Kota Pare-pare, Kabupaten Bulukumba, dan Kota Palopo sebagai daerah-daerah pelaksana program wisata duta Covid-19.

Adanya daerah-daerah tersebut sebagai daerah pelaksana program wisata Covid-19 bertujuan untuk mendekatkan wilayah isolasi secara regional pada masing-masing daerah. Selain itu juga pastinya untuk menekan laju perkembangan virus Covid-19 Sulawesi Selatan.

Tidak ada Lagi Zona Merah Penyebaran Covid-19 Sulsel

“Misalnya Pare-pare, selain potensi kasusnya masih bertumbuh juga strategis terjangkau kabupaten kota sekitarnya. Begitupun Kabupaten Bulukumba yang dapat mencakup masyarakat dari Kabupaten Jeneponto, Bantaeng, Sinjai dan Takalar,” ujar Prof Ridwan.


Kepala D|nas Kesehatan Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari Mengatakan Program Wisata COVID-19 merupakan program multifungsi. Selain untuk memutuskan mata rantai penularan COVID-19, program ini juga berfungsi untuk menghasilkan edukator COVID-19.

“Inovasi Gubernur Sulsel ini adalah program Multifungsi. Peserta yang terinfeksi virus covid-19 akan menempati hotel yang telah ada untuk isolasi dan mendapatkan materi terkait COVID-19. Setelah selesai masa isolasi, mereka bertugas menyosialisasikannya kembali pada masyarakat sekitar rumahnya atau lingkungannya,” ucap Kadis Kesehatan Sulsel.

Menyikapi ditunjuknya Kota Palopo sebagai pelaksana program wisata covid-19, Kadis Kesehatan Kota Palopo, Taufiq M Kes mengatakan, untuk program tersebut Pemkot Palopo masih melakukan koordinasi dengan Provinsi Sulsel terkait pelaksanaannya.

“Saat ini Pemkot Palopo masih berkoordinasi dengan Pemprov Sulsel sembari melakukan persiapan-persiapan agar pelaksanaan wisata covid nantinya dapat berjalan lancar dan sesuai dengan Standar Operasional yang ditetapkan tim gugus tugas,” kata Taufik.

Vaksin Covid-19 Uji Klinis Tahap III, Siap Pasar Seharga Rp72.500

Sebagai tahap awal, lanjutnya, Pemkot Palopo telah menyiapkan Hotel Kamanre sebagai tempat wisata covid-19.

“Untuk awalnya, kita siapkan Hotel Kamanre, namun jika “peserta” wisata membludak, akan ada tambahan hotel sebagai tempat wisata Covid-19,” ujar Taufik.

Terpisah, Ketua PHRI Kota Palopo, Eri Sinna yang dihubungi mengatakan, selain Hotel Kamanre, ada dua hotel lainnya yang juga telah menyatakan siap untuk mendukung program wisata Covid-19.

“Ada dua hotel yang telah menyatakan siap sebagai tempat wisata Covid-19,” kata Eri singkat.(red)

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *