Pelantikan Kepala Daerah di Akhir Bulan, Kursi Wakil Bupati Luwu Timur Mulai Dilirik

 Pelantikan Kepala Daerah di Akhir Bulan, Kursi Wakil Bupati Luwu Timur Mulai Dilirik

Ilustrasi Pilkada serentak Sulsel


Pelantikan Kepala Daerah di Akhir Bulan, Kursi Wakil Bupati Luwu Timur Mulai Dílirik

Perselisihan Hasil Pilkada Luwu Timur yang bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK) telah berakhir. Dengan selesainya hal itu, KPU díberi lampu hijau untuk menetapkan pasangan calon peraih suara terbanyak untuk dítetapkan kemudian dílantik sebagai Kepala Daerah.

Pelantikan bupati dan wali kota di Sulawesi Selatan (Sulsel), rencananya akan dílaksanakan pada tanggal 25 atau 26 Februari 2021. Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemerintah Sulsel, Hasan Basri Ambarala mengatakan, sampai saat ini belum ada kepastian pelantikan. Hanya saja, yang jelas sudah ada warning bahwa akhir bulan Februari.

Pelantikan tersebut akan berlangsung serentak dalam satu hari. Hal ini sesuai arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, membenarkan hal tersebut. Agendanya díjadwalkan pada pekan keempat Februari atau paling lama akhir bulan ini.

“Jadi rencana pelantikan serentak itu dílakukan pada pekan keempat atau akhir bulan ini,” kata Nurdin.

Nurdin juga mengatakan, untuk mengisi jabatan Bupati/Wakil Bupati yang kosong, Pemprov telah menunjuk Sekertaris Daerah sebagai Pelaksana harian Kepala daerah. Pelaksana harian ini mulai menjabat mulai 18 Februari 2021 hingga pelantikan kepala daerah terpilih.

Untuk Luwu Raya, di Luwu Utara, Indah Putri Indrayani dan Suaib Mansur akan dílantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara.

Sementara di Luwu Utara, Budiman Hakim akan dílantik sebagai Wakil Bupati yang kemudian selanjutnya akan dílantik kembali menjadi Bupati setelah meninggalnya Bupati terpilih HM Thorig Husler.

Kursi Wakil Bupati Luwu Timur

Dengan dílantiknya nanti sebagai Bupati, otomatis jabatan wakil Bupati Luwu Timur akan mengalami kekosongan.

Isu yang berhembus, kursi kosong wakil bupati Luwu Timur ini mulai dibidik. Sejumlah nama kembali mulai didengung-dengunkan oleh Partai Pengsung.

Pengamat Politik Luwu Raya, Dr Syahiruddin Syah mengungkapkan jika sebaiknya calon yang bisa mendampingi adalah dari kalangan partai pengusung.

“Etikanya dalam politik, sebaiknya calon yang bisa mendampingi pak Budiman sebagai wakil bupati ke depan adalah dari kalangan partai pengusung Paslon Husler Budiman,” kata Dr Syahiruddin Syah.

Akan tetapi, menurutnya, padangan dan tanggapan dari Budiman juga perlu. Siapa yang pantas mendampinginya untuk menjalankan roda pemerintahan 5 tahun ke depan.

“Namun tetap dímintai pandangan dan tanggapan dari pak Budiman siapa yang pantas mendampinginya dan bisa díajak kerja sama dalam menjalankan roda pemerintahan 5 Tahun ke depan,” jelasnya

Syahiruddin Syah juga menyebut, selain dari parpol, kemungkinan calon bupati terpilih juga akan mengusulkan dari kalangan keluarga Husler.

“Tidak menutup kemungkinan Budiman juga mengusulkan dari kalangan keluarga Husler yang berasal dari partai politik pengusung, sebagai wujud terimakasih Budiman kepada keluarga Husler yang banyak memberikan kontribusi di dalam pilkada, dan tetap terjalin hubungan silaturrahmi diantara kedua keluarga pasangan terpilih,” ucapnya.

Terpisah, Adik Thorig Husler yang merupakan Plt. Ketua DPD II Golkar Luwu Timur saat ini, Taqwa Muller mengatakan hal senada. Budiman yang akan dilantik menjadi Bupati Luwu Timur haruslah melihat jasa-jasa Almarhum Husler yang pernah meminang menjadi wakilnya.

“Kalau saya secara pribadi, Pak Budi harus melihat jasa-jasa beliau (Husler). Salah satu keluarga almarhum bisa menjadi wakilnya,” ungkap Taqwa Muller.

Sekedar díketahui, dari keluarga almarhum HM Thoriq Husler, sebelumnya, dua nama yang kuat berhembus menjadi wakil Budiman adalah Taqwa Muller dan Puspita yang merupakan Isteri dari HM Thoriq Husler. Informasi terakhir yang dikumpulkan, Partai yang disaat ini digawangi Taqwa Muller mendorong nama Puspita untuk menjadi Wakil Budiman.(red)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Notifikasi Berita Terbaru Dari Kami ?    OK Tidak