Penanganan Virus Corona, Pemerintah se Luwu Raya Imbau Masyarakat Tak Resah

Penanganan Virus Corona, Pemerintah se Luwu Raya Imbau Masyarakat Tak Resah

Pemerintah daerah se-Luwu Raya mengimbau agar masyarakat tak resah akan virus corona. Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara misalmnya. Melalui Dinas Kesehatannya telah membuka layanan aduan bagi masyarakat, terkait wabah virus corona (covid -19). Tidak tanggung-tanggung, Dinkes Lutra menyediakan 2 nomor call center, masing-masing Call Center Surveilens di 0813 4264 8399, dan Call Center PSC 119 di 0852 2604 6119.

kepala daerah se luwu raya
Kepala daerah se luwu raya

“Terkait virus corona atau covid-19, kami sudah mengeluarkan Surat Edaran. Jadi, jangan terlalu panik dan jangan khawatir, serta jangan menyikapi secara berlebihan kasus corona ini,” kata Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, baru-baru ini di Kecamatan Malangke saat menghadiri acara Isra’ Mi’raj Pondok Pesantren As’ Adiyah Belawa Baru.

Bupati yang akrab disapa IDP ini mengatakan, yang paling penting adalah masyarakat harus selalu menjaga kesehatan, dan tidak kalah pentingnya, bagi yang muslim, selalu menjaga air wuduh. “Jaga wuduh kita, niatkan karena Allah, insya Allah akan menjadi obat bagi kita semua,” terang Bupati penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat ini.

Sebelumnya, melalui Surat Edaran Bupati Nomor 430/372/DK, masyarakat diminta untuk tidak panik, tetap waspada bila muncul gelaja batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan demam. Jika ditemukan seperti itu, masyarakat diminta segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan. Masyarakat juga diminta rajin cuci tangan dengan sabun antiseptic minimal 20 detik, utamanya setelah memegang barang-barang di fasilitas umum.

Pun masyarakat diminta untuk tidak memegang area di sekitar wajah, menggunakan masker saat batuk, pilek dan flu, makan dan minum teratur, istirahat yang cukup, hindari minum alcohol dan merokok, serta olahraga yang teratur. Untuk menghindari kepanikan, pemerintah akan melakukan edukasi kepada masyarakat secara langsung.

Demikian halnya Pemerintah Kabupaten Luwu. Melalui laman fan page Dinas Kominfo Luwu, Pemkab Luwu mengeluarkan Himbauan untuk mengantisipasi penularan infeksi Corona Virus Disease.

Pada himbauan tersebut, masyarakat diminta agar tidak resah dan tetap tenang. Masyarakat juga diminta untuk tidak menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya.

Selain itu, memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat jika mengalami sakit. Juga tetap menjaga kesehatan dengan banyak konsumsi sayur, dan buah, rajin melakukan aktifitas fisik serta istirahat yang cukup.

Masyarakat juga tetap menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat terutama selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

“Agar selalu berdo’a dan meminta perlindungan kepada Allah SWT,” seperti tertulis di himbauan Pemkab tersebut.

Diketahui, Pemkot Palopo, sehari sebelumnya telah merilis hasil Rapat Kordinasi (Rakor), Pemerintah Kota dengan pihak terkait, di ruang rapat kantor Walikota Palopo tentang penanganan virus corona.

Sementara Pemkab Luwu Timur juga telah mengimbau melalui gelaran simulasi penanganan virus corona.(git)

Read Previous

Proyek Pembangunan Jalur Kereta Api Berubah, Dulunya Barru-Parepare, Sekarang Barru-Pangkep

Read Next

Stok Gula Pasir di Sulawesi Selatan Menipis, Harga Merangkak Naik

ADS AUTO

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *