Luwu Anggarkan Rp1 M Beli APD, Sebelumnya Kenakan Jas Hujan Tangani Pasien Dicurigai Covid-19

Luwu Anggarkan Rp1 M Beli APD Virus Corona, Sebelumnya Hanya Kenakan Jas Hujan Tangani Pasien Dicurigai Covid-19

Bupati Luwu
Bupati Luwu saat menerima laporan tim gugus tugas penanganan Convid-19

Pemerintah Kabupaten Luwu menyiapkan anggaran sebesar Rp1 Milyar guna pembelian Alat Pelindung Diri (APD) untuk perawat yang bertugas di ruang isolasi.

Anggaran tersebut diambil dari dana tanggap darurat yang dimiliki BPBD Luwu.

Ketua Satgas Tim Penanganan pencegahan Corona Luwu, Yeremia Maya mengatakan saat ini pihaknya telah memesan APD yang akan digunakan menangani pasien yang OPD atau PDP.

“Alat sudah kita pesan tinggal kita tunggu datangnya semoga dengan adanya alat ini bisa membantu tugas para medis dan pihak yang terkait,” ungkap Yermia.

Terkait Pemkab Luwu Anggarkan Rp1 M Beli APD tersebut, Direktur Rumah Sakit Batara Guru Dokter Daud berharap dapat maksimal melindungi tim medisnya yang akan bertugas diruang Isolasi.

Selama ini, ungkap dr Daud, perawat yang bertugas di ruang isolasi hanya menggunakan jas hujan untuk menangani pasien yang dicurigai corona.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Luwu, Yermia Maya melaporkan data penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 pertanggal 23 Maret 2020 kepada Bupati Luwu H Basmin Mattayang di rumah jabatan Bupati di Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, Senin (23/30) kemarin.

Dalam laporan yang direlease ke media tersebut, tercantum data jumlah pengawasan terhadap orang yang baru saja saja datang dari daerah yang terdampak Covid-19 dalam dan luar negeri (Self Monitoring) sebanyak 104 orang, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 7 orang dan Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 1 orang sehingga total data penanganan pencegahan sebanyak 112 orang.

“Kami telah menghadap ke bapak Bupati dan melaporkan data sementara penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 serta langkah-langkah yang telah kami lakukan sejauh ini,” kata Yermia Maya.(fik)

Read Previous

Penanganan Covid-19 di Luwu, ODP 7 Orang, PDP 1 Orang, Self Monitoring 104 Orang

Read Next

Luwu Siapkan Insentif Perawat yang Bertugas di Ruang Isolasi Covid-19

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *