Pemkot Palopo Cetak Barista, Gelar Pelatihan 2 Hari

 Pemkot Palopo Cetak Barista, Gelar Pelatihan 2 Hari

Peserta Pelatihan Barista


Pemkot Palopo Cetak Barista, Gelar Pelatihan 2 Hari

Pemerintah Kota Palopo senantiasa berupaya untuk menciptakan wirausaha-wirausaha baru. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menekan angka pengangguran. Tujuan lainnya adalah menanamkan life skill ke masyarakat.

Upaya yang Pemkot Palopo lakukan antara lain adalah dengan menggelar pelatihan kewirausahaan kepada masyarakat. Seperti yang terlihat pada Jum’at kemarin. Pemerintah Kota Palopo bersama Balai Besar Industri Hasil Perkebunan menggelar pelatihan Barista.

Pelatihan ini rencananya berlangsung selama Dua hari dan akan selesai besok, 18 Oktober 2020. Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanzah DP mewakili walikota membuka secara resmi kegiatan pada Aula Hotel Kamanre, Kelurahan Benteng.


Pemkot Palopo Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia

Kepala Balai Besar Hasil Perkebunan Makassar melalui Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (litbang), Abd Rahman, pada kesempatan itu mengungkapkan pelatihan tersebut merupakan wujud dari tekad balai besar hasil industri untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Kota Palopo.

“Ini adalah tekad kita untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat Kota Palopo. Khususnya kali ini SDM bidang Barista. Kita, berkolaborasi bersama pemkot palopo untuk selenggarakan kegiatan pelatihan ini,” ungkap Abd Rahman.

Abdul Rahman melanjutkan, pelatihan tersebut, selain untuk meningkatkan SDM, juga bertujuan untuk menumbuhkan wirausahawan baru dan meningkatkan daya saing industri.

“Untuk menekan tingkat pengangguran, ini salah satu upaya kita juga, dengan melakukan pelatihan seperti sekarang ini. Dengan ini, semoga bisa meningkatkan daya saing industri dan memberikan kompetensi bagi kita semua para barista,” jelasnya. 

Walikota Palopo, dalam sambutannya melalui sekretaris daerah memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Badan Penelitian dan PengembanganIndustri (Balai Besar Industri Hasil Perkebunan), yang telah menyelenggarakan kegiatan ini bersama Pemerintah Kota Palopo.

Kepada para peserta, Sekda berpesan agar bersungguh-sungguh,menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari para narasumber/instruktur. Pemkot Palopo Cetak Barista

“Tingkatkan kualitas ketrampilan yang saudara miliki, agar nantinya dapat memperoleh pekerjaan atau bahkan dengan membuka usaha sendiri dan juga bisa mempekerjakan orang lain,” ungkap Sekda.

“Galilah ilmu dari para instruktur seluas-luasnya agar bisa mendapatkan bekal untuk selanjutnya mampu dan siap bersaing,” lanjutnya.

UMP Tahun 2021 Kemungkinan Tetap, Turunan UU Omnibus Law Belum Siap

Kepada para pimpinan perangkat daerah, Sekda juga menyampaikan harapannya agar kedepan para peserta bisa dimasukkan dalam program-program bantuan, terutama peralatan untuk membuka usaha.

“Agar ini nyambung, kegiatan ini nyambung. Ini harus kita format sedemikian rupa. Karena ibaratnya ini kita dilatih berperang tapi kita tidak diberikan senjata dan peluru, inikan juga sia-sia,” jelas Sekda.

“Kita sangat berharap ini bisa berkelanjutan, berkesinambungan. Selesai kita latih, mungkin ada nantinya yang butuh bantuan, disini ada kadis koperasi, kadis perindustrian, perdagangan. Tentunya ini juga harus di sinkronkan, agar pelatihan yang kita gelar ini tidak sia-sia,” ujarnya.

“Insyaallah, kedepan nantinya, kami berharap dapat kita jalin kerjasama untuk sektor lainnya, karena banyak sektor lain yang bisa kita gali, sama-sama kita adakan pelatihan dalam rangka membuka dan menumbuhkan wirausahawan baru ,” jelas Sekda.

Tampak hadir pada Pelatihan tersebut juga sejumlah pimpinan perangkat daerah kota palopo.

Sekedar informasi, Barista adalah sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat, menyiapkan dan menyajikan kopi berbasis espresso. Kata Barista berasal dari bahasa Italia yang berarti Bartender, yaitu seseorang yang menyiapkan segala macam minuman. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman dan masuknya tren kopi, kata bartender kemudian berubah menjadi barista yang sekarang kita kenal. Sekarang ini bekerja menjadi seorang barista banyak diminati oleh anak muda atau orang-orang yang sangat suka dengan kopi atau yang suka bergelut pada industry kuliner.(hms)

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *