Pemkot Palopo Gelar Rapat Koordinasi Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si., membuka Rapat Kordinasi (Rakor) pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.
Banner

PALOPO, SPIRITKITA — Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si., mewakili Pj. Wali Kota, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada Senin (03/06/2024) di Auditorium Saokotae, Rumah Jabatan Wali Kota Palopo.

Rakor ini membahas pengelolaan DTKS melalui Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG). Kepala Dinas Sosial Kota Palopo, Zulkifli Halid, menyatakan bahwa DTKS merupakan instrumen penting untuk mengusulkan bantuan sosial seperti PKH, BPNT, dan bantuan sosial lainnya.

“DTKS di tingkat kelurahan sangat potensial dalam memberikan data yang akurat dengan kualitas verifikasi dan validasi yang terus di tingkatkan,” kata Zulkifli. Ia menekankan pentingnya validitas data yang di berikan untuk menghindari masalah di lapangan.

“Jika data yang di berikan sesuai dan valid, maka tidak ada masalah. Namun, jika data tidak valid, kelurahan yang akan bertanggung jawab,” ungkapnya. Zulkifli juga menjelaskan bahwa verifikasi dan validasi data harus dilakukan secara menyeluruh, termasuk dengan dokumentasi foto, berita acara, dan kelengkapan lainnya.

Dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Sekda Palopo, Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si., menekankan pentingnya peran pemerintah dalam melindungi, melayani, dan memajukan kesejahteraan masyarakat.

“Berbagai langkah dan upaya perlu di lakukan secara terencana, optimal, dan berkelanjutan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Firmanza DP. Salah satu upaya tersebut adalah penyediaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang akurat.

Banner
fsuryaa
Redaksi
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Reporter
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *