Pemprov Siapkan Pjs Bupati di 5 Kabupaten yang ikut Pilkada Serentak Sulawesi Selatan

 Pemprov Siapkan Pjs Bupati di 5 Kabupaten yang ikut Pilkada Serentak Sulawesi Selatan

Ilustrasi


Pemprov Sulsel Siapkan Pjs Bupati Luwu Utara, Luwu Timur, Barru Bulukumba dan Pangkep, Hasil Pilkada Desember 2020 Belum Jelas Pemenangnya

Pelantikan Bupati/Walikota dan wakilnya hasil Pilkada serentak 2020 kemarin rencananya akan dílangsungkan pada 17 Februari mendatang.

Di Sulawesi Selatan, dari 12 daerah yang menggelar hajatan KPU lima tahunan ini. 7 daerah telah siap melaksanakan seremoni pelantikan tersebut yakni Makassar, Maros, Gowa, Soppeng, Selayar, Toraja, dan Toraja Utara.

Sementara itu, 5 daerah lainnya belum dapat menggelar acara tersebut masing-masing, Luwu Utara, Luwu Timur, Kabupaten Barru, Bulukumba dan Pangkep.


Kelima daerah tersebut saat ini belum dítetapkan siapa pemenang hasil pilkada, meski sebelumnya KPU telah mengumumkan beberapa waktu yang lalu Pasangan calon peraih suara terbanyak.

Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sulawesi Selatan, Hasan Basri Ambarala sebelumnya mengatakan, pelaksanaan pilkada tidak bisa serentak atau bersamaan.

“Ada lima daerah yang telah teregistrasi di MK. Pelantikan kepala daerahnya tidak bisa dílakukan jika tidak ada putusan final dari MK. Pemprov Siapkan Pjs Bupati,” kata Hasan Basri.

Senada, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprop sulawesi-selatan, Andi Aslam Patonangi mengatakan hal yang sama.

Andi Aslam juga menungkapkan, segera akan mengajukan pertimbangan ke Gubernur Sulawesi Selatan untuk menunjuk penjabat atau pelaksana harian bupati terhitung mulai 17 Februari 2021.

Seperti diketahui, dari Jadwal yang dítetapkan, Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang dismissal atau pengucapan putusan sela pada tanggal 15-16 Februari mendatang. Dari putusan sela ini akan diketahui apakah sidang sengketa berlanjut atau tidak.(red)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Notifikasi Berita Terbaru Dari Kami ?    OK Tidak