Penanganan Covid-19 di Lima Daerah Sulsel Mengecewakan, Wiku: Perlu Dievaluasi

Penanganan Covid-19 di Lima Daerah Sulsel Mengecewakan, Jubir Pemerintah: Perlu Dievaluasi

Tercatat Lima daerah di Sulawesi Selatan tercatat selama 10 pekan berturut-turut berada pada zona Orange. Karenanya, Wiku Adisasmito, juru bicara pemerintah untuk Penanganan Covid-19, mengimbau untuk berpindah ke zona kuning dalam waktu sepekan.

Kelima daerah tersebut masing-masing Gowa, Luwu Utara, Maros, Pangkep dan Sinjai.

Secara nasional, selain Penanganan Covid-19 Sulsel pada 5 daerah tersebut, masih ada 49 daerah lainnya yang juga sudah 10 pekan berturut-turut tetap ada pada zona orange atau risiko sedang Covid-19.



Data Update Covid-19 Sulsel, Hanya Palopo Zona Merah

“Kami menunggu 54 kabupaten kota untuk bisa berpindah jadi zona kuning di minggu depan,” kata Wiku dalam konferensi pers, Kamis, 29 Oktober 2020.

Wiku mengungkapkan, pemerintah menyanyangkan kondisi ini. “Ini yang kami sebut perasaan nyaman, tidak ada di zona merah tapi berada di zona oranye dalam waktu lama. Satgas sangat menyayangkan kondisi ini,” ujarnya.

54 kabupaten kota ini menurut Wiku, perlu evaluasi menyeluruh terhadap penanganan Covid-19nya. Ia juga mengingatkan agar pemerintah daerah pada 54 wilayah tersebut jangan merasa puas dengan zona oranye.

Wiku juga terus mengingatkan pentingnya protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Yaitu #memakaimasker, #mencucitangan, dan #menjagajarak.

Berikut 54 kabupaten kota yang berada pada zona oranye selama 10 pekan berturut-turut adalah Aceh Tengah, Asahan, Karo, Kota Pematangsiantar, Labuhanbatu, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun dan Toba Samosir.

10 Pegawai RS Batara Guru Kabupaten Luwu Positif Corona

Sementara untuk provinsi Sumatera Selatan, Banyuasin, Kota Palembang dan Kota Prabumulih. Selanjutnya Kota Solok, Bintan, Bogor, Demak, Grobogan, Kota Magelang, Purworejo dan Sragen.

Pada provinsi Jawa Timur, ada Blitar, Jember, Jombang dan Banten. Selanjutnya, Pandeglang, Bantul, Kota Yogyakarta dan Kulonprogo.

Berikutnya, Lombok Barat, Bulungan, Paser, Kapuan, Katingan dan Pulang Pisau.

Selanjutnya, Kota Banjarbaru, Tanah Bumbu, Kota Bitung, Kota Kotamobagu dan Minahasa Selatan.

Pada wilayah Sulawesi Selatan ada, Gowa, Luwu Utara, Maros, Pangkep dan Sinjai

Sulawesi Tenggara ada Buton, Buton Tengah dan Kota Bau Bau. Sulawesi Barat ada Mamuju. Gorontalo ada Gorontalo Utara. Maluku Utara ada Halmahera Utara dan Kota Ternate.

Dan terakhir, Provinsi Papua ada Kabupaten Keerom.(red)

Dapatkan Notifikasi Berita Terbaru Dari Kami ?    OK Tidak