Belopa

Peningkatan Status Kodim Jadi Korem, Pemkab Luwu Siap Beri Dukungan

 Peningkatan Status Kodim Jadi Korem, Pemkab Luwu Siap Beri Dukungan

Peningkatan Status Kodim Menjadi Korem, Pemkab Luwu Siap Beri Dukungan

Pemerintah Kabupaten Luwu telah menyiapkan lahan untuk pembangunan kantor Kodim dan kantor danramil. Bupati Luwu, Basmin Mattayang mengatakan, lokasi untuk Koramil kurang lebih 1/2 hektare di Kamanre dan lokasi untuk kantor Kodim kurang lebih 1,5 hektare berada di wilayah pegunungan Lebani.

Hal ini dílaporkan Basmin saat bertemu dengan Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Mochammad Safei Kasno yang sedang melakukan kunjungan kerja di Tana Luwu, Senin (7/6) siang.

“Kita menyampaikan, kesiapan Pemkab Luwu menerima rencana pembangunan Kodim di Luwu,” kata Basmin.



Jelasnya, tegas Basmin, Pemkab Luwu siap mendukung penyediaan kebutuhan Pangdam dalam kaitannya dengan pembangunan infrastruktur di Luwu.

“Pemda Luwu siap, termasuk mendukung peningkatan status Kodim 1403 Palopo menjadi Korem dengan menyiapkan lahan untuk pembangunan Kodim di Luwu,” kata Basmin lagi.

Hal lainnya yang dísampaikan Basmin adalah terkait perkembangan Covid-19 di Tana Luwu dan Kamtibmas.

“Saya díberi kesempatan menyampaikan sejumlah hal dalam pertemuan ini, pertama tentu kita berterima kasih atas kunjungan Pangdam di Tana Luwu, sudah transit di Bandara Bua. Beliau ingin melihat Luwu secara keseluruhan, saya telah melaporkan kondisi Covid-19 Kabupaten Luwu,” kata Basmin.

Dia melaporkan, kerja sama yang baik dengan Forkopimda, Dandim dan Kapolres berhasil membawa Luwu masuk zona hijau penyebaran Covid-19.

“Kerja sama yang baik antara pemda dan polres serta Kodim sehingga saat ini Luwu sudah masuk zona hijau. Mudah-mudahan ke depan kerja sama tersebut terjalin terus sehingga tetap menjadi benteng untuk masuknya berbagai macam penyakit, termasuk mengatasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Basmin.

Lihat juga: Ada apa dengan PROYEK SPAM di LUWU

Terpisah, Letkol inf Sandiyuda Panoto, Wakapendam Kodam Hasanuddin kepada wartawan menyampaikan, keberadaan Pangdam XIV Hasanuddin di Tana Luwu kemudian lanjut Tana Toraja, sekaitan kunjungan kerja dan silaturahmi dengan pemerintah daerah, Forkompida di daerah.

“Mengenai rencana kenaikan status Kodim 1403 Palopo, masih sementara proses. Rencana ini tentu melalui proses pengkajian, pertama dari tingkat ancaman kedua kondisi wilayah,” ujarnya.

“Saat ini masih dalam proses pengkajian, dari pada Kodam. Kami juga sampaikan, wilayah yang ada Kodimnya, efisien dan keharusannya satu kecamatan ada dibangun satu Koramil,” tutup Sandiyuda Panoto.(red)

Dapatkan Notifikasi Berita Terbaru Dari Kami ?    OK Tidak