Perumda Tirta Mangkaluku Palopo Gelar Sosialisasi Layanan dalam Peringatan Hari Air Sedunia

PALOPO, SPIRITKITA – Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, Perumda Tirta Mangkaluku (TM) Palopo menggelar sosialisasi layanan kepada siswa SMA/sederajat di Kota Palopo. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Kafe Solata pada Selasa (2/4/2024), yang juga dirangkaikan dengan buka puasa bersama.

Hadir sebagai narasumber Manajer Distribusi, Akbar Hadis, dan Manajer Hubungan Langganan, Andi Murni, yang dipandu oleh moderator Novitasari Basmin.

Manajer Distribusi, Akbar Hadis, menjelaskan tentang layanan yang di sediakan oleh Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo mulai dari pengolahan air baku hingga siap di gunakan dan di konsumsi.

“Aktivitas Perumda ini melibatkan 5 sumber air baku, yaitu Sungai Latuppa, Sungai Mangkaluku (di depan Asera), Sungai Bambalu di Jl Poros Palopo-Toraja, Sungai Magadang di Perumnas, dan Sungai Batupapan di Kelurahan Padang Lambe,” ungkap Akbar.

Ia menjelaskan bahwa air baku dari kelima sumber tersebut di olah dan di distribusikan atau di alirkan ke rumah pelanggan melalui sistem perpipaan.

Lebih lanjut, Akbar menjelaskan bahwa di sungai, Perumda TM memiliki intake atau penangkap air baku yang kemudian mengalirkannya ke instalasi pengolahan air limbah. Di dalam pengolahan air limbah, terdapat sekitar 6 proses hingga air tersebut didistribusikan ke rumah pelanggan.

Namun, ia juga menyoroti penyebab terjadinya air macet, yang bisa di sebabkan oleh banjir atau perbaikan pipa.

Sementara itu, Manajer Hubungan Langganan, Andi Murni, menjelaskan bahwa ketika terjadi keluhan dari pelanggan, mereka dapat langsung menghubungi call center Perumda TM.

“Ketika ada gangguan air terjadi, pelanggan dapat mengadukan melalui call center pdam bagian pengaduan. Kami akan menyediakan solusi dengan mengirimkan armada tangki. Selain itu, setiap rumah sebaiknya memiliki penampungan air, sehingga ketika terjadi gangguan, pelanggan masih memiliki stok air,” jelasnya.(*)

fsuryaa
Redaksi
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *