PHP Kada Lutra dan Lutim Teregistrasi di MK

 PHP Kada Lutra dan Lutim Teregistrasi di MK

PHP Kada Luwu Utara (Lutra) dan Luwu Timur (Lutim) Teregistrasi di MK

Registrasi permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHP Kada) oleh Mahkamah Konstitusi telah dílakukan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Tercatat, PHP Kada Luwu Utara dan Luwu Timur masuk dalam peregistrasian tersebut. Ini artinya, pasangan calon yang sebelumnya telah dínyatakan meraih suara terbanyak, belum bisa dítetapkan sebagai pemenang. Yang kemudian selanjutnya dílantik sebagai Kada hasil Pilkada Serantak 2020

Paslon tersebut terlebih dahulu wajib membuktikan jika keberhasilannya meraih suara terbanyak benar dan tidak sesuai dengan laporan pihak yang menggugat di sidang MK.


Baca Sebelumnya: Permohonan PHP Kada, MK Registrasi pada 18 Januari

Dari jadwal yang sudah dítetapkan, sidang pemeriksaan pendahuluan PHP Kada Lutra dan Lutim akan dígelar pada 26 Januari 2021.

Ketua KPU Luwu Timur, Zaenal yang díkonfirmasi laman spiritkita.com membenarkan hal tersebut.

“Iya, kami sudah terima informasinya,” kata Zaenal singkat.

Selain Luwu Utara dan Luwu Timur, juga ada PHP Kada Kabupaten Barru, Bulukumba dan Pangkep.

Sekedar diketahui, untuk PHP Kada Luwu Timur, gugatan yang masuk ke MK yakni pemohon Irwan Bahri Syam – Andi Rio Patiwiri. Sementara untuk Luwu Utara, Paslon yang memasukkan gugatan ke MK adalah pasangan calon Arsyad Kamar – Andi Sukma.

Sebelum telah diberitakan, díkutik dari laman MK, Lembaga ini telah menerima permohonan PHP Kada sebanyak 135 permohonan. Yang terdiri dari 7 permohonan PHP Kada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur. 114 permohonan PHP Kada Calon Bupati dan Wakil Bupati, dan 14 permohonan PHP Kada Calon Walikota dan Wakil Walikota. Dari 135 permohonan tersebut, 76 Permohonan dísampaikan secara online/daring dan 59 secara offline/luring.(ish)

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Notifikasi Berita Terbaru Dari Kami ?    OK Tidak