Pj Gubernur Sulsel Cek Kesiapan Pemilu di Kota Palopo

Banner

PALOPO,SPIRITKITA — Pelaksana tugas (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Bahtiar Baharuddin, melakukan kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo. Kunjungan ini bertujuan untuk memeriksa kesiapan KPU Palopo dalam menghadapi pemilu tahun 2024.

“Kami datang ke sini untuk mengecek kesiapan teman-teman penyelenggara terkait pelaksanaan pemilu mendatang,” kata Bahtiar.

Bahtiar juga menegaskan bahwa kunjungan tersebut sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam mengawal proses demokrasi di daerah tersebut.

“Boleh dicek, mungkin hanya kita (Pemprov Sulsel) yang rajin turun mengecek ke sejumlah KPU,” ujar Bahtiar kepada wartawan.

Menurut Bahtiar, pelaksanaan pemilu saat ini semakin maju dengan adanya aplikasi Sirekap yang digunakan untuk menunjang kelancaran pemilu. Meskipun demikian, finalisasi tetap dilakukan dengan hitung manual.

Pj Gubernur mengatakan bahwa penerapan e-Voting, seperti di negara-negara maju, bisa menjadi opsi di masa depan untuk menjadikan proses pemilihan lebih cepat dan transparan.

“Saat ini di Indonesia masih menggunakan pencoblosan sebagai metode pemberian suara, bukan contreng atau metode lain,” tambahnya.

Bahtiar melihat secara umum persiapan tahapan pemilu di Sulawesi Selatan sangat siap berdasarkan pemantauannya di beberapa daerah.

Sementara itu, Ketua KPU Palopo, Irwandi Djumadin, menyatakan kesiapannya terkait penyelenggaraan pemilu di Kota Palopo.

“InsyaAllah kita siap melaksanakan pemilu di Kota Palopo. Saat ini semua pada tahap persiapan,” kata Irwandi.

Irwandi berharap agar semua pihak dan stakeholder dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilu mendatang, dan mengucapkan terima kasih atas dukungan dan support yang diberikan.

Pj Gubernur Sulsel dalam kunjungannya juga didampingi oleh Pj. Wali Kota Palopo Asrul Sani, SH., M.Si., Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si, Forkopimda Kota Palopo, serta pimpinan perangkat daerah Kota Palopo.(*)

Banner
Redaksi
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *