Pj Wali Kota Palopo Tinjau Produksi Tepung Sagu di Kawasan Industri Kota Palopo

Pj Wali Kota Tinjau Produksi Tepung Sagu di Kawasan Industri Palopo.
Banner

PALOPO, SPIRITKITA — Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si., mengunjungi UPTD Pangan Dinas Perindustrian Kota Palopo di Kawasan Industri Kota Palopo (KIPA), Kamis (04/07/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung produksi tepung sagu kering murni dari instalasi pabrik yang ada di KIPA.

Sekretaris Dinas Perindustrian Kota Palopo, Drs. M. Taufiq Gurrachman, MSi., menjelaskan bahwa untuk tahun 2024 ini direncanakan produksi sesi pertama tepung sagu kering.

“Nanti akan dibuatkan tepung sagu kering dengan kualitas seperti tepung terigu, yang kemudian akan dikemas dengan merek Marasa,” kata Taufik.

Taufik menambahkan bahwa Dinas Perindustrian tidak hanya memproduksi sagu, tetapi juga tepung kakao murni.

“Ini dimaksudkan untuk mencari peluang, serta bekerja sama dengan UMKM Kota Palopo yang mengolah bahan baku dari kakao dan sagu,” tambahnya.

Lebih lanjut, Taufik berharap ke depan dapat mencari peluang pasar, bahkan mungkin ekspor ke Jepang.

“Tapi itu tentu akan melalui proses yang lebih panjang dan akan diuji kelayakannya,” ujarnya.

Yang jelas, sagu tetap menjadi produk asli dan unggulan di Kota Palopo dan akan diproduksi dalam bentuk kemasan 250 gram dan 500 gram.

“Kalau sudah dalam bentuk kemasan seperti itu, kita akan ikutkan di event-event pameran sebagai salah satu upaya promosinya,” urainya.

“Berharap dalam satu minggu ke depan sudah fix selesai produksi sesi pertama. Di tahun 2024 ini, kita upayakan produksi sagu setidaknya tiga kali dan kakao dua kali,” tandasnya.

Banner
fsuryaa
Redaksi
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Tim Spiritkita
Reporter
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *