Polres Luwu Lakukan Inspeksi Dadakan ke Sejumlah SPBU

Banner

LUWU,SPIRITKITA -Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, S.H, S.I.K., M.Si. melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Kabupaten Luwu, Selasa (11/4/2023).

Sejumlah SPBU di wilayah Kabupaten Luwu yang di sidak mulai dari SPBU 74-919-03 Biru Kecamatan Larompong.

SPBU 74-919-02 Seppong Kecamatan Belopa Utara dan SPBU 74-919-04 Padang Sappa Kec. Ponrang.

Sidak ini di maksudkan untuk mengetahui ketersediaan bahan bakar minyak jelang pelaksanaan mudik hari raya Idul Fitri 1444 H.

Kapolres Luwu juga mengecek berfungsinya sistem pengamanan berupa monitoring CCTV di semua SPBU wilayah hukum Polres Luwu.

Hal itu guna mengantisipasi kejahatan atau tindak pidana yang mungkin terjadi di SPBU.

Di ketahui bahwa stok bahan bakar jenis Bio Solar dan Pertalite di anggap masih dalam batas aman hingga menjelang lebaran nanti.

Hal ini di dasarkan pada hasil pemeriksaan surat delivery order dari TBBM Pertamina Luwu ke setiap SPBU yang tetap konsisten melakukan pengiriman setiap hari.

“Saya hanya menekankan agar pengiriman BBM dari Terminal BBM Pertamina yang ada di Kecamatan Bua Kabupaten Luwu supaya di antarkan lebih pagi lagi, karena waktu pengiriman yang sudah menjelang siang menyebabkan antrian kendaraan di SPBU. Masyarakat harus menunggu kendaraan pengangkut BBM datang dulu dan melakukan bongkar muatan. Hal ini masih membutuhkan waktu sebelum kemudian konsumen pengguna dari kendaraan bermotor bisa di layani oleh operator SPBU,” katanya.

Untuk di ketahui bahwa pengisian BBM Bio Solar dan Pertalite dengan cara print out QR Code kendaraan yang sudah terdaftar pada laman subsidi di aplikasi my pertamina.

Dan QR Code akan di scan oleh operator SPBU untuk verifikasi kemudian di lakukan pengisian BBM seperti biasa dengan batas kuota pengisian yang sudah di tentukan tiap harinya.

Baik untuk para nelayan dan petani yang menggunakan surat rekomendasi pembelian dengan dirigen maupun untuk kendaraan bermotor lainnya.

Polres Luwu juga memastikan masa uji tera dari semua mesin pompa pengisian BBM masih tetap berlaku agar jumlah volume BBM dari mesin pompa BBM ke bejana ukur sesuai takarannya.

Fungsi CCTV pada setiap SPBU di harapkan juga tidak sekedar menjadi pelengkap dan sekedar monitor saja namun betul-betul bisa merekam segala aktivitas yang terjadi di SPBU dan bisa di playback jika sewaktu-waktu di butuhkan oleh pihak kepolisian.

AKBP Arisandi, memprediksi bahwa pelaksanaan perayaan hari raya idul fitri 1444 H kali ini akan mengalami peningkatan yang signifikan pada masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi maupun moda transportasi umum.

“Semoga mudik pada lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar bagi semua pengguna moda transportasi dan tidak terkendala dengan kelangkaan BBM, sehingga harapan kita mudik tahun ini adalah mudik yang aman dan berkesan,” tandasnya.

Saat melaksanakan sidak, Kapolres di dampingi, Kabag Ops Polres Luwu AKP Ahmad, S.Sos, Kasat Reskrim Polres Luwu AKP Muh. Saleh, Kasat Samapta Polres Luwu AKP Yosep Dendang dan Kapolsek jajaran Polres Luwu yang wilayahnya terdapat SPBU. (rls)

Banner
Admin
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *