Polri Lakukan Mutasi dan Rotasi Jabatan, Lima Kapolda dan Beberapa Jabatan Kunci Berganti Pimpinan

Dok : ilustrasi
Banner

SPIRITKITA.COM — Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melakukan mutasi dan rotasi jabatan terhadap ratusan personel, termasuk perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati). Dua Surat Telegram, ST/2749/XII/KEP./2023 dan ST/2750/XII/KEP./2023, yang di terbitkan pada tanggal 7 Desember 2023, mengatur mutasi dan rotasi untuk total 535 personel.

Dalam mutasi tersebut, terjadi pergantian kepemimpinan di lima Kepolisian Daerah (Kapolda), yaitu Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel), Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Kapolda Papua Barat, dan Kapolda Kepulauan Riau (Kepri).

  1. Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Budi Moempoeni Harso, digantikan oleh Irjen Pol Andi Rian Djajadi yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalsel.
  2. Kapolda Kalsel yang baru, Irjen Pol Winarto, sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri.
  3. Kapolda NTT, Irjen Pol Johanis Asadoma, dipindahkan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Misinter Divhubinter Polri. Digantikan oleh Irjen Pol Daniel Tahi Monang yang kini menjabat Kapolda Papua Barat.
  4. Kapolda Papua Barat yang baru, Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir, sebelumnya menjabat sebagai Karojianstra Sops Polri.
  5. Kapolda Kepri, Irjen Tabana Bangun, digantikan oleh Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah yang sebelumnya menjabat Karosundokinfokum Divkum Polri.

Selain pergantian di tingkat Kapolda, beberapa jabatan lain juga mengalami perubahan:

  1. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, yang memasuki masa pensiun, digantikan oleh Brigjen Aan Suhanan.
  2. Jabatan Kadensus 88 Antiteror Polri, dari Irjen Pol Marthinus Hukom ke Brigjen Pol Sentot Prasetyo.
  3. Wakapolda Jawa Tengah, Brigjen Abioso Senoaji, dipindahkan sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk.I Sespim Lemdiklat Polri, digantikan oleh Kombes Agus Suryonugroho.
  4. Wakapolda Jambi, Brigjen Yudawan Roswibarso, dipindahkan sebagai Wakapolda Kalimantan Timur, dan digantikan oleh Brigjen Edi Mardianto yang sebelumnya menjabat Wakapolda Sumatera Barat.
  5. Wakapolda Sumatera Barat yang baru, Brigjen Gupuh Setiyono, sebelumnya menjabat Karoprovos Divpropam Polri.
  6. Brigjen Raden Slamet Santoso, yang semula menjabat sebagai Wakapolda DIY, dipindahkan sebagai Dirgakkum Korlantas Polri.

Dalam mutasi tersebut, empat polisi wanita (polwan) juga mengalami promosi ke jabatan yang lebih tinggi. Kombes Pol Nurul Azizah, Kombes Pol Emi Sumijati, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, dan AKBP Herlina mendapatkan promosi sesuai dengan penugasan baru.

Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Dedi Prasetyo, mengkonfirmasi bahwa mutasi dan rotasi ini adalah hal yang alamiah dalam organisasi Polri. Pergantian di lakukan terutama pada personel yang memasuki masa purna bakti, sementara promosi di arahkan untuk menambah pengalaman dan mendukung persiapan pengamanan pemilu, Operasi Lilin, pengamanan Nataru, dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.(*)

Banner
Redaksi
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *