iklan header

Prabowo-Gibran Unggul, Ganjar Turun Tajam Menurut Survei Elektabilitas Pilpres 2024

Avatar
Admin
16 Nov 2023 12:56
2 menit membaca

BERITASPIRITKITA — Survei elektabilitas untuk calon presiden dan calon wakil presiden menjelang Pilpres 2024, yang di rilis oleh Indikator Politik Indonesia, menunjukkan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menduduki posisi paling atas. Survei di lakukan pada periode 27 Oktober-1 November 2023 dengan melibatkan 1.220 responden di 38 provinsi, menggunakan metode multistage random sampling dan wawancara tatap muka.

Landscape

Berdasarkan hasil survei, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mencapai 39,7%, di susul oleh Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan 30%, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) sebesar 24,4%. Sementara itu, responden yang tidak menjawab mencapai 5,9%. Pendiri Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi, menyatakan bahwa Prabowo masih unggul di bandingkan dengan Anies dan Ganjar, meskipun Anies dan Ganjar masih berada dalam margin of error.

“Prabowo unggul signifikan di banding Ganjar dan Anies, jangan lupa margin of error +- 2,9, sementara Mas Anies dan Ganjar perbedaannya dalam margin of error,” kata Burhanuddin. Dia juga mencatat bahwa elektabilitas Ganjar mengalami penurunan tajam di banding survei sebelumnya, sementara elektabilitas Prabowo mengalami kenaikan. Burhanuddin menjelaskan bahwa penurunan elektabilitas Ganjar seharusnya membuat Prabowo lebih tinggi, namun kenaikan tersebut tidak setajam penurunan Ganjar.

Menurut Burhanuddin, penurunan elektabilitas Ganjar bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk perpindahan dukungan pendukung lama Prabowo ke Anies dan peningkatan jumlah undecided. “Jadi kalau misalnya betul Mas Ganjar penurunannya sejauh ini harusnya Pak Prabowo lebih tinggi lagi. Salah satunya karena pendukung lama Pak Prabowo yang pindah ke Anies, undecided juga meningkat, naik sekitar 2%,” jelasnya.(red)

Landscape

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

xVertikal
xVertikal