Puncak Peringatan HJL ke-756 dan HPRL ke-78: Merayakan Sejarah dan Semangat Persatuan

Banner

LUTIM,SPIRITKITA — Puncak Peringatan Hari Jadi Luwu (HJL) ke-756 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-78 di rayakan dengan semarak di Stadion H. Andi Hasan Opu To Hatta, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Luwu Timur pada Selasa (23/01/2024).

Acara di mulai dengan pertunjukan Tari Kolosal Simpuru’siang oleh 756 siswa-siswi dari SMA, SMP, dan SMK se-Kabupaten Luwu Timur, termasuk Sanggar Tari Rumah Singgah Kecamatan Wotu. Sementara itu, Defile peserta dari Kabupaten/Kota se-Tana Luwu, Kabupaten Kolaka, dan Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Tenggara menghiasi perayaan ini. Mars masing-masing kabupaten/kota menyertai prosesi Defile ini, di nyanyikan oleh kelompok paduan suara Luwu Timur.

Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin S.Ag., membacakan sejarah singkat Hari Jadi Luwu ke-756 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-78. Bupati Luwu Timur, H. Budiman, menyampaikan sambutannya dengan penuh semangat, menyebut kehadiran semua pihak sebagai bentuk refleksi perjuangan leluhur Tana Luwu.

“Kita semua berharap momentum Peringatan HJL dan HPRL ini menjadi spirit dan inspirasi bagi Wija To Luwu untuk tetap menjaga falsafah; Sipakatau (Saling Menghargai), Sipakainge (Saling Mengingatkan), Sipakalebbi (Saling Menyayangi), Masseddi Siri’ (satu harga diri), Sirui’ menre‘ tessirui no’ (saling mengangkat, tidak saling merendahkan) karena ‘Bersama Lebih Kuat, Tanah Luwu Menjadi Hebat,’” ucap Budiman.

Upacara di lanjutkan dengan pembacaan oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Bahtiar Baharuddin, yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam sambutannya, Bahtiar Baharuddin mengapresiasi perjuangan dan kontribusi masyarakat Luwu dalam membangun daerah ini sebagai bagian integral dari NKRI.

“Wujudnya hari ini para pemimpin Luwu menjadi Bupati, ada Bupati Lutim, Luwu Utara, Luwu, Palopo, DPRD, Kolaka, dan Kolaka Utara yang jauh wilayahnya dan hari ini masih ada keluarga besarnya beliau dari kerajaan Luwu dan Kedatuan Luwu, ada Opu Cenning dan mantan Bupati Luwu Timur,” ungkap Pj. Gubernur.

Acara di hadiri oleh berbagai tokoh dan instansi, termasuk Yang Mulia Cenning Luwu beserta perangkat adat kedatuan Luwu, Anggota DPR RI, para Bupati dan Walikota se-Tana Luwu, Kolaka, dan Kolaka Utara, Anggota DPRD Sulsel, serta perwakilan dari PT. Vale Indonesia Tbk dan berbagai elemen masyarakat setempat.(*)

Banner
fsuryaa
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *