RPJPD 2025-2045, Wujudkan Luwu Utara Tangguh, Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan

Banner

LUTRA,SPIRITKITA — Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara menggelar kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) untuk menyusun RPJPD Kabupaten Luwu Utara Periode 2025-2045.

Forum tersebut dibuka langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani di Aula Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida), Selasa (16/1/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan unsur pemerintah daerah, legislatif, akademisi serta kelompok-kelompok kepentingan untuk bersama-sama membahas dan memberikan masukan serta saran dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kabupaten Luwu Utara periode 2025-2045.

“Konsultasi publik ini memang diatur dalam regulasi. Jadi, setiap penyusunan kebijakan sebelum dibahas lebih lanjut ke DPRD terlebih dahulu dikonsultasikan ke publik. Disampaikan rancangan awalnya yang telah disusun dan sepakati ditahap pertama dan mendapatkan masukan dalam rangka penyempurnaan. Itulah mengapa forum konsultasi ini harus menghadirkan seluruh pemangku kepentingan,” kata Indah.

Indah menyebutkan penyusunan dokumen RPJPD Luwu Utara tetap memperhatikan keselarasan dengan rancangan awal RPJPD Provinsi Sulawesi Selatan, RTRW Kabupaten Luwu Utara khususnya rumusan dan sasaran arah kebijakan pada dokumen Kajian Lingkungan Hidup Sehat (KLHS) serta rencana nasional sebagaimana yang tertuang dalam dokumen rancangan RPJPN salah satunya kesinambungan pembangunan untuk mengawal pencapaian Indonesia emas.

“Mengawal cita-cita Indonesia emas 2045, Luwu Utara menetapkan rancangan pembangunan tahun 2025-2045 yaitu Luwu Utara Tangguh, Maju, Sejahtera dan berkelanjutan. Dalam jangka 20 tahun yang akan datang Luwu Utara ingin unggul baik dari segi ekonomi, sosial, politik dan keamanan serta pembangunan yang berkelanjutan yang adil dan merata,” jelas Isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini.

Untuk itu, melalui forum konsultasi ini, bupati dua periode berharap kepada seluruh elemen, baik itu pemerintah dari unsur eksekutif dan legislatif untuk bahu membahu, saling sinergi, dan bekerjasama dalam penyusunan rancangan awal RPJPD.

“Dari perwakilan yang hadir diharapkan memberikan masukan dan memperkaya rancangan awal RPJPD yang akan ditetapkan untuk diimplementasikan dalam 20 tahun kedepan,” harap orang nomor satu di Luwu Utara ini.(*)

Banner
fsuryaa
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *