Judas Amir Bongkar Kisah ‘Bersalah’ di Balik Penamaan RSUD dr Palemmai Tandi Palopo

RSUD Dr Palemmai Tandi Kota Palopo.

PALOPO,SPIRITKITA — Eks gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading di Kota Palopo, yang sebelumnya tidak berfungsi setelah di pindahkan, kini telah di ubah menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Tipe C dan di beri nama RSUD dr Palemmai Tandi. Keputusan ini di ambil oleh mantan Wali Kota Kota Palopo, HM Judas Amir, untuk mengenang jasa besar dokter senior, dr Palemmai Tandi, di bidang kesehatan.

Pada awalnya, eks RSUD Sawerigading di ubah menjadi RSUD tipe C setelah selesai di benahi pada awal tahun 2017. Sebelum meresmikan RSUD ini, Judas Amir berdiskusi dengan berbagai pihak, termasuk kalangan paramedis, untuk mencari nama yang tepat. Dalam perenungannya, ia mendapat inspirasi untuk memberi nama RSUD tersebut mengambil nama dr Palemmai Tandi.

Dr Palemmai Tandi di akui sebagai dokter yang memiliki jasa besar bagi kemajuan bidang kesehatan di Kota Palopo. Kebijakan ini, meskipun awalnya di hadapi dengan sejumlah keraguan, akhirnya di resmikan pada 3 Desember 2017. RSUD dr Palemmai Tandi kemudian berkembang pesat dan menjadi pusat rujukan pasien BPJS Kesehatan untuk RSUD tipe C di Kota Palopo.

Judas Amir menyatakan bahwa kehadiran RSUD dr Palemmai Tandi bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan, terutama rawat inap bagi pasien rujukan dari puskesmas, terutama pasien yang di layani BPJS Kesehatan. Hal ini juga di harapkan dapat membantu mempertahankan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari program bayar iuran BPJS Kesehatan.

Meskipun telah mendapatkan keberhasilan dan manfaat positif dari RSUD dr Palemmai Tandi, Judas Amir menyatakan rasa bersalah karena tidak pernah meminta izin kepada keluarga almarhum dr Palemmai Tandi untuk menggunakan nama tersebut. Namun, ia yakin bahwa keluarga tidak akan keberatan karena penamaan ini dilakukan untuk kebaikan dan untuk mengenang jasa besar dokter Palemmai Tandi dalam dunia kesehatan di Kota Palopo.(*)

Redaksi
Example 72x32
Example 300x350

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *