Stok Gula Pasir di Sulawesi Selatan Menipis, Harga Merangkak Naik

Stok Gula Pasir di Sulawesi Selatan Menipis, Harga Merangkak Naik, di Kota Palopo Aman-aman Saja

Ilustrasi

Stok gula untuk wilayah Sulawesi Selatan mulai menipis. Wakil Pimpinan Wilayah Perum Bulog Divre Sulselbar Muhammad Taufik mengatakan persediaan gula di Bulog saat ini sisa 5 ton. Jumlah ini katanya masih jauh dari kebutuhan masyarakat di Sulsel.

Olehnya itu, lanjut Taufik, pihaknya telah melayangkan surat permohonan ke Pemerintah Pusat agar disuplai gula sebanyak 135 ribu ton. Dalam setiap tahunnya, kebutuhan gula di Sulsel tercatat sebanyak 165.000 s/d 175.000 ton. Jika data tersebut diestimasikan, artinya dalam sebulan kebutuhan gula di Sulsel sebanyak 14.600 ton.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Dinas Perdagangan Sulsel Aldiana menyebutkan, saat ini permasalahan memang terjadi pada tingkat produksi.

Hanya saja Aldiana menyebut, kelangkaan gula pasir bukan hanya di Sulsel melainkan merata hampir di semua provinsi. Aldiana mengatakan, pada pekan lalu Kementerian Perdagangan telah melakukan rapat koordinasi bersama seluruh Dinas Perdagangan, dan hasilnya adalah diputuskan rencana akan dibukanya peluang impor gula.

Saat ini kata Aldiana, pihaknya masih menunggu keputusan. Sebab, aturan impor gula juga masih dirumuskan oleh pemerintah pusat. Stok Gula Pasir di Sulawesi Selatan . Yang pasti, langkah tersebut dinilai bersifat sementara hingga stok gula dalam negeri mulai stabil kembali.

Sekedar diketahui, harga gula pasir untuk tingkat supplier yang dulunya sekira Rp675,000 per karung dengan berat 50 kilogram, sekarang naik menjadi Rp810,000. Untuk tingkat eceran, dijual dengan kisaran harga Rp18.000 sampai Rp20.000 per kilogram.

Sementara dari data harga kebutuhan pokok barang yang dikeluarkan Dinas Perdagangan Kota Palopo pertanggal 05 Maret 2020, harga gula pasir Rp15.000,-/kg. Untuk perzaknya harganya Rp.700,000,-. Sebelumnya, pertanggal 27 Februari harga tetap sama.(hry)

Read Previous

Penanganan Virus Corona, Pemerintah se Luwu Raya Imbau Masyarakat Tak Resah

Read Next

Walikota Minta Kepengurusan Masjid Agung Kota Palopo Disempurnakan

ADS AUTO

One Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *