Tim PKM UNCP Gelar Pelatihan Augmented Reality untuk Guru SMP Negeri 2 Bua

Dosen UNCP Gelar Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality, Upaya mendukung Keterampilan Pedagogik Guru SMP Negeri 2 Bua
Banner

LUWU,SPIRITKITA — Sebagai langkah dalam meningkatkan keterampilan pedagogik guru SMP Negeri 2 Bua, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) telah menggelar pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Acara pelatihan ini diadakan di Aula SMP Negeri 2 Bua, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu. 12 Agustus 2023

Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk memperkenalkan konsep-konsep baru dalam pembuatan media pembelajaran yang interaktif dan inovatif, seperti Augmented Reality (AR).

Pelatihan PKM UNCP ini dipimpin oleh Ketua Tim PKM, Aswar Anas, S.Pd., M.Pd., serta anggota tim PKM lainnya, Vicky Bin Djusmin, S.Kom., M.Kom., dan Rio Fabrika Pasandaran, S.Pd., M.Pd., dengan dukungan dari dua mahasiswa UNCP. Para peserta pelatihan adalah guru-guru SMP Negeri 2 Bua.

Mereka diberikan kesempatan untuk belajar dari seorang ahli dalam bidang media pembelajaran, yaitu Muhammad Idham Rusdi, S.T., M.Kom, yang memiliki keahlian di bidang multimedia. Para peserta diajak untuk mendalami teknik pembuatan media pembelajaran, pemanfaatan aplikasi pembelajaran digital, dan konsep media pembelajaran Augmented Reality.

Ketua Tim PKM, Aswar Anas, S.Pd., M.Pd., menyatakan, “Kami sangat antusias melihat partisipasi aktif dari guru-guru dalam acara pelatihan ini. Media pembelajaran berbasis augmented reality memiliki potensi untuk meningkatkan daya tarik pembelajaran dan membantu siswa memahami konsep-konsep dengan lebih baik.”

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM), pimpinan Universitas Cokroaminoto Palopo, dan mitra PKM (SMP Negeri 2 Bua) yang telah mendukung kegiatan ini.

Acara pelatihan terdiri dari pembukaan dan registrasi peserta, diikuti oleh dua sesi utama yang mencakup pemaparan materi dan praktek langsung. Setiap sesi diakhiri dengan diskusi dan sesi tanya jawab, yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk berinteraksi langsung dengan narasumber.

Peserta yang aktif dan berprestasi dalam pelatihan ini akan menerima sertifikat sebagai pengakuan atas partisipasi dan usaha mereka dalam mengembangkan keterampilan dalam media pembelajaran berbasis augmented reality.

Dengan berakhirnya acara ini, diharapkan guru-guru dapat mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam pembelajaran mereka dan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran di SMP Negeri 2 Bua.(Red)

Banner
Redaksi
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *