Tips Merawat Kulit Terbakar Sinar Matahari

ilustrasi
Banner

SPIRITKITA.COM — Dokter Saddam Ismail memberikan beberapa tips untuk merawat dan mengatasi kulit terbakar akibat sengatan sinar matahari tanpa menyebabkan iritasi atau infeksi. Sinar matahari dapat merusak kulit hingga mengakibatkan terbakar, lecet, atau iritasi. Berikut adalah 8 tips yang di sarankan oleh dr. Saddam Ismail:

  1. Mandi: Mandi dengan air sejuk adalah langkah pertama yang perlu di ambil ketika kulit terbakar akibat sinar matahari. Gunakan sabun khusus untuk kulit sensitif dan keringkan tubuh dengan lembut, tanpa menggosok terlalu keras. Biarkan kulit tetap agak lembab.
  2. Kompres Air Dingin: Hindari langsung menempelkan es batu ke kulit terbakar. Namun, gunakan handuk atau kain bersih yang di rendam dalam air dingin untuk mengompres area kulit yang terbakar selama beberapa menit.
  3. Minum Air Putih: Minum air putih penting setelah paparan sinar matahari yang berlebihan. Kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari dapat mengakibatkan pelepuhan. Pastikan untuk menghindari dehidrasi dengan minum lebih banyak air.
  4. Jangan Memencet Kulit yang Melepuh: Jika kulit terbakar hingga melepuh, hindari memencet atau memecahkan lepuhan tersebut. Pelepuhan berisi cairan alami yang membantu dalam proses penyembuhan kulit.
  5. Gunakan Pelembab: Gunakan pelembab setelah mandi untuk menjaga kelembaban kulit dan meredakan peradangan.
  6. Rawat Kulit yang Mengelupas: Biarkan proses pengelupasan kulit terjadi secara alami. Gunakan pelembab dan pakaian yang longgar dan lembut. Pakaian yang longgar memberikan kulit ruang untuk bernapas dan mempercepat proses penyembuhan.
  7. Minum Obat: Jika kulit terbakar menyebabkan rasa nyeri dan perih, Anda dapat meminum obat pereda nyeri sesuai dosis dan aturan minum yang disarankan.
  8. Konsultasi ke Dokter: Jika gejala kulit terbakar menjadi parah atau terjadi infeksi, segera konsultasikan ke dokter. Jika muncul gejala seperti pusing, keluarnya nanah, atau gejala lain, perlu ditindaklanjuti oleh profesional medis.

Selain tips di atas, dr. Saddam Ismail juga menyarankan untuk melindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan pakaian panjang dan topi saat cuaca sangat panas. Hal ini dapat membantu mencegah kulit dari terbakar akibat paparan sinar matahari.(*)

Banner
Redaksi
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *